Kode NISN untuk Wilayah Jawa Barat

Kode NISN untuk wilayah Jawa Barat bisa dilihat dengan masuk ke situs Kemdisnas. Hal yang berhubungan dengan NISN ini hendaknya diketahui oleh semua orangtua, guru, dan pihak yang berkepentingan. NISN adalah Nomor Induk Siswa Nasional. Setiap sekolah hendaknya telah mengajukan daftar ini sejak dini sehingga siswa segera mendapatkan NISN dan dapat mengeceknya lewat internet.

Langkah Mendapatkan NISN

Loading...

Kode NISN untuk wilayah Jawa Barat tergantung pada kabupaten masing-masing. Di situs Kemdisnas, akan ada beberapa langkah yang harus diikuti untuk mengetahui NISN seorang siswa. Pertama, memilih menu; ‘Mencari Berdasarkan NISN’ dan ‘Mencari Berdasarkan Nama’.

Kalau ternyata nama tidak diperoleh, besar kemungkinan ada kesalahan dalam memasukkan data. Kalau misalnya, seorang anak menemukan kesalahan pada tanggal kelahirannya, apakah NISN itu masih bisa digunakan? Sebaiknya memang menggunakan NISN yang sudah ada selama pihak sekolah mengajukan lagi kesalahan tersebut ke pihak Kemdisnas untuk mengoreksinya.

Pengajuan NISN untuk para siswa ini memang terkadang terkendala oleh teknologi, apakah kalau pengajuannya melalui email? Sering kali sudah beberapa kali email dikirim, tetapi ternyata NISN belum juga didapatkan. Pasti ada ribuan bahkan mungkin jutaan email yang diterima oleh administrasinya. Oleh karena itu, ada baiknya mengajukan secara langsung saja.

NISN Jawa Barat

Setiap tahun ajaran baru, pihak sekolah harus segera mengajukan NISN siswa baru. Kalau sudah terdaftar, nanti bisa masuk ke situs Sistem Informasi Peserta Didik. Ada sistem pengajuan yang bisa dilakukan secara online. Pada situs itu ada beberapa menu yang bisa dilihat. Misalnya, Beranda, Data Pengajuan, Data, Pencairan by NPSN dan Link Terkait.

Untuk Jawa Barat sendiri, ada 26 kabupaten/kota dengan ribuan NISN. Untuk Provinsi Jawa Barat dimulai dari kabupaten Bogor dan diakhiri kota Banjar. Data yang ada disusun berdasarkan huruf alfabet. Tinggal pilih kabupaten yang dimaksudkan. Kalau sudah masuk ke situs ini, biasanya pencarian itu akan mudah apalagi kalau ditunjang oleh jaringan internet yang memadai.

Data dari 33 Provinsi

Saat ini Indonesia telah memiliki 34 provinsi, tapi ternyata data NISN itu baru berasal dari 33 provinsi, termasuk provinsi Jawa Barat tentunya. Pasti banyak kendala karena hal ini menyangkut teknologi. Tapi akhirnya nanti, teknologi ini akan memudahkan semua pihak.

NISN untuk pelajar dari Pulau Jawa tetap yang paling bisa dengan mudah ditemukan karena akses internet yang lebih gampang. Oleh karena itu, untuk mengetahui  NISN untuk wilayah Jawa Barat, bagi yang memerlukan tinggal masuk ke situs Kemdisnas.

Loading...
Selanjutnya : Perkembangan Ke Arah Ekonomi Global
Sebelumnya: Daftar Klub Eropa ke Indonesia Tahun 2015
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar