Fungsi Kode Pos dan Kode Pos Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Bagaimana kode pos kecamatan Cibiru Kota Bandung? Kode pos merupakan kode digit yang berupa deretan angka untuk menandai batas suatu wilayah. Kota Bandung merupakan ibu kota Jawa Barat yang memiliki luas kota berkisar kurang lebih  167, 67 km2. Kota Bandung juga memiliki pembagian wilayah kecamatan yang masing-masing memiliki kode posnya.

Fungsi Kode Pos

Loading...

Kode pos dirancang sebagai petunjuk alamat. Kode pos yang terdiri atas lima angka, yang tidak sekedar angka, itu menjadi semacam penanda suatu tempat, yang berbeda dengan alamat lain. Kode atau sandi dalam kode pos adalah bentuk lain dari suatu keterangan.

Pengkodean atau encoding adalah proses konversi informasi dari suatu sumber atau keterangan-keterangan tempat yang diolah menjadi data berupa digit atau angka. Kode pos terdiri dari lima digit atau angka. Selain mudah diingat, pengkodean ini akan mempermudah dan memperlancar pengiriman lewat pos atau paket barang karena pada:

  • Angka atau digit pertama menunjukan provinsi, misalnya untuk kode pos Bandung karena merupakan bagian dari provinsi Jawa Barat, maka digit awal kode pos Bandung awalnya selalu dimulai dengan angka 4.
  • Angka atau digit kedua dan ketiga menandakan kota atau kabupaten.
  • Angka atau digit keempat dan kelima menandakan kecamatan dan desa / kelurahan.

Jawa Barat, khususnya wilayah Bandung, terbagi menjadi beberapa bagian daerah. hal ini berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 16 Tahun 1987 tentang pemekaran dan pembentukan wilayah kerja kecamatan yang terdiri dari beberapa desa atau kelurahan.

Bandung memiliki banyak kecamatan, di mana setiap kecamatan memiliki desa atau kelurahan yang masing-masing memiliki kode pos yang berbeda. Berikut adalah kode pos kecamatan Cibiru Kota Bandung:

  • 40614 Desa Cipadung dan Desa Cisurupan
  • 40615  Desa Palasari dan Desa Pasirbiru

Kode pos di atas hanya kode pos kecamatan Cibiru Kota Bandung untuk daerah di kota Bandung. Masih banyak lagi kode pos wilayah Bandung lainnya. Agar surat atau barang yang hendak dikirim tersebut tidak salah alamat atau dikembalikan lagi, jangan pernah lupa untuk mencantumkan nama, alamat, yang disertai kode posnya. Dengan adanya informasi tersebut, mudah-mudahan dapat membantu proses pengiriman surat maupun barang khususnya pengiriman ke daerah dengan alamat kecamatan Cibiru kota Bandung.

Loading...
Selanjutnya : Apa yang Dimaksud Gaya Hidup Sehat?
Sebelumnya: Perkembangan Ke Arah Ekonomi Global
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar