Komik Cerita Bergambar dari Jepang


Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki industri komik yang besar dan mendunia. Komik cerita bergambar dari Jepang biasa disebut dengan manga. Cerita-cerita yang disajikan juga beragam mulai dari cerita romantis, cerita pertarungan, cerita detektif, cerita keluarga, cerita anak-anak, cerita fantasi, dan masih banyak lagi. Beragam cerita yang disuguhkan di dalam manga membuat penggemar manga Jepang meluas ke berbagai negara termasuk Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki cukup banyak penggemar manga dan anime Jepang. Oleh karena itu, banyak berdiri sekolah-sekolah khusus belajar membuat manga di Indonesia.

Jenis Manga

Komik cerita bergambar Jepang atau manga sebenarnya terbagi menjadi beberapa bagian. Dalam pembahasan ini akan diuraikan jenis manga berdasarkan batasan usia. Berikut jenis-jenis manga tersebut.

1.    Manga untuk anak-anak. Manga jenis ini memang diperuntukkan untuk pembaca anak-anak. Cerita yang disajikan serta gambar manga yang dibuat pun disesuaikan untuk usia anak-anak. Selain itu, biasanya mangaka (sebutan bagi komikus) juga menyelipkan pesan moral di dalam manga yang dibuatnya.
2.    Manga untuk remaja. Manga ini jelas ditujukan untuk pembaca manga pada usia remaja. Biasanya cerita yang disajikan lebih berhubungan dengan dunia remaja, permasalahan yang mulai kompleks, dan berbagai hal yang memang sudah mulai dipahami oleh pembaca pada usia remaja.
3.    Manga untuk dewasa. Manga untuk pembaca dewasa tentunya memiliki isi cerita yang memang ditujukan untuk pembaca dewasa. Baik itu cerita tentang romantisme orang dewasa, cerita yang berhubungan dengan kasus berat, cerita yang memuat adegan sadis, dan masih banyak lagi. Manga dewasa sudah pasti tidak boleh menjadi bacaan untuk anak-anak atau remaja.
Selain berdasarkan usia pembaca, sebenarnya pembagian manga juga bisa berdasarkan pada gender pembaca. Misalnya manga untuk shoujo (perempuan) dan manga untuk shounen (laki-laki).

Manga Menjadi Anime dan Drama

Banyak manga Jepang yang diangkat menjadi anime (kartun Jepang) dan juga drama. Manga yang diangkat menjadi anime atau drama umumnya adalah manga yang laris di pasaran, manga yang memiliki kualitas cerita yang baik, dan beberapa faktor pendukung lainnya. Selain manga, anime atau dramanya pun biasanya mendapatkan antusias yang sama besar dari penggemarnya. Penggemar anime dan drama Jepang di Indonesia juga sama banyaknya dengan penggemar manga.

Berbagai jenis manga Jepang yang masuk ke Indonesia tentunya menambah kecintaan penggemar manga. Setiap pembaca selain mendapatkan hiburan dari membaca manga, sebaiknya juga bisa mengambil pesan moral yang ingin disampaikan oleh mangaka. Informasi mengenai komik cerita bergambar dari Jepang atau manga ini diharapkan bisa bermanfaat untuk para pembaca. Selamat membaca!

Selanjutnya : Beberapa Album Lagu Klasik Era 2000an
Sebelumnya: Khasiat Minyak Zaitun untuk Penyakit Kulit dan Khasiat Lainnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar