Komisi Perlindungan Anak Diatur dalam Kepres

Komisi perlindungan anak diatur dalam Kepres No.95/M Tahun 2004 berdasarkan amanat kepres 77/2003 dan pasal 74 UU No.23 tahun 2002 yang didalamnya menyatakan bahwa KPAI memiliki tujuan untuk meningkatkan efektifitas penyelenggaraan perlindungan anak.

Komisi perlindungan anak Indonesia dibentuk karena adanya Konvensi Hak Anak (KHA) yang mewajibkan setiap negara yang meratifikasi harus memiliki komisi nasional. Dengan dibentuknya KPAI menunjukkan bahwa pemerintah memiliki perhatian dan berusaha untuk memberikan perlindungan terhadap ana-anak Indonesia dari perbuatan yang bisa merugikan dirinya.

Tugas KPAI adalah melakukan sosialisasi mengenai peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan perlindungan anak, mengumpulkan informasi, menerima keluhan atau aduan dari masyarakat melakukan evaluasi, pemantauan dan pengawasan terhadap segala sesuatu yang bersangkutan dengan anak. Dan KPAI juga harus memberikan laporan, saran dan masukan  kepada presiden mengenai masalah perlindungan anak.

Untuk menjlaankan tugas dan fungsinya KPAI mendapatkan dana dari APBN dan APBD juga dari bantuan asing seperti Unicef dan lain-lain. Masalah perlindungan anak di Indonesia diatur dalam Undang-Undang No.23 tahun 2002. Menurut undang-undang perlindungan anak, yang dimaksud dengan anak adalah seseorang yang berusia dibawah 18 tahun.

Dalam undang-undang tersebut yang termasuk hak anak adalah hak untuk bisa beribadah sesuai dengan agamanya, hak memperoleh pendidikan, hak memperoleh kesehatan, hak untuk bermain dan berkreasi. Selain itu, juga hak untuk mengutarakan pendapat sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usianya.

Dengan diberlakukannya undang-undang perlindungan anak pemerintah berharap bahwa keluarga, negara maupun masyarakat dapat mengetahui dan melaksanakannya. Namun miris sekali jika melihat anak-anak yang putus sekolah dan tak mendapat haknya yaitu mendapat pendidikan dan pengajaran, atau melihat anak yang terpaksa harus mencari nafkah, anak-anak yang diperlakukan dengan kasar, pelecehan seksual,  anak-anak yang dieksploitasi dan lain sebagainya.

Mudah-mudahan kedepannya anak-anak Indonesia menjadi lebih baik, karena nasib bangsa ini di masa yang akan datang berada di tangan mereka. Diharapkan pihak masyarakat pun bisa bekerja sama dengan komisi perlindungan anak dan aparat terkait untuk setiap pelanggaran yang terjadi, agar segera melaporkan.

Anda bisa datang langsung ke Jl. Teuku umar No. 10 Gondangdia Menteng Jakarta Pusat DKI Jakarta atau Telepon ke 021-31901556 . Bisa juga bergabung dengan facebook KPAI atau melalui email info@kpai.go.id untuk mengetahui lebih jauh mengenai KPAI kunjungi situs resminya  www.kpai.go.id

Demikian tulisan mengenai komisi perlindungan anak ini. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Loading...
Selanjutnya : Mengenali Gejala Awal Gizi Buruk
Sebelumnya: SMS Kata Ucapan Ulang Tahun untuk Kakak Perempuan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar