Kompas Arah Kiblat Jakarta untuk Menunjukkan Arah Kiblat

Beberapa tahun yang lalu, kompas arah kiblat Jakarta menjadi alat andalan yang digunakan untuk menentukan arah kiblat masjid–masjid di Jakarta. Namun, alat ini dinilai kurang efektif karena menggunakan magnet yang menentukan arah kiblat berdasarkan arah magnetik bumi di kutub utara, sedangkan arah magnetik bumi ini selalu berubah karena pengaruh rotasi bumi sehingga arah kiblat terus bergeser. Saat ini, Qibla Locator dan arah bayangan matahari menjadi dua hal yang dianggap lebih akurat untuk menentukan arah kiblat.

Arah kiblat yang benar sangat penting untuk diketahui oleh semua umat muslim. Seperti yang difirmankan Allah Swt., semua muslim hendaknya menghadap ke arah kiblat yaitu Kabah saat menjalankan salat. Oleh karena itu, setiap masjid perlu mengukur arah kiblat yang benar. Proses pengukuran pun harus dilakukan secara akurat, karena jika derajat arah kiblat kita bergeser 1 cm saja, maka arah yang kita anggap sebagai kiblat dapat bergeser hingga 100 km jauhnya dari Kabah.

Menentukan Arah Kiblat dengan Qibla Locator   

Menentukan arah kiblat dengan menggunakan perangkat lunak Qibla Locator dinilai lebih up to date dan akurat. Perangkat lunak ini dapat diakses melalui internet dengan alamat website QiblaLocator.com. Dengan memanfaatkan teknologi Google Maps, Qibla Locator ini diprakarsai oleh Ibn Mas’ud pada tahun 2006. Hingga saat ini, perangkat ini terus dikembangkan agar dapat terus menjadi acuan penentuan titik arah kiblat yang paling akurat. Arah kiblat setiap lokasi dapat ditentukan dengan memasukkan informasi lokasi kemudian enter. Perangkat ini akan langsung menunjukkan arah kiblat dengan cukup jelas.

Menentukan Arah Kiblat dengan Bayangan Matahari  

Seorang pakar astronomi yang bernama Thomas mengungkapkan bahwa bayangan matahari juga bisa dijadikan patokan penentu arah kiblat. Pada waktu-waktu tertentu, seperti pada tanggal 26–30 Mei dan 13–17 Juli, pada pukul 16.18 dan 16.27 WIB, posisi matahari terletak tepat di atas kota Mekah. Pada waktu tersebut, semua orang di penjuru dunia yang dapat melihat matahari dapat menentukan arah kiblat yang paling akurat. Selain itu, bayangan tegak pada waktu tersebut juga dapat dijadikan patokan arah kiblat yang jauh lebih akurat dibandingkan kompas arah kiblat Jakarta atau di kota lainnya di Indonesia.

Demikianlah penjelasan mengenai kompas arah kiblat Jakarta. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca.

Loading...
Selanjutnya : Contoh Naskah Film Indie bagian dari Pembuatan Film
Sebelumnya: Peternakan Kelinci di Kampung Kelinci Puncak Bogor
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar