Komponen dalam Komputer


Pada zaman sekarang ini komputer merupakan benda yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Setiap pekerjaan terutama yang berhubungan dengan administratif pastilah menggunakan alat bantu komputer. Sebuah Personal Computer atau PC tidak akan berfungsi bila tidak didukung dengan komponen di dalamnya. Penejelasan mengenai apa saja komponen dalam komputer akan dibahas secara singkat dalam artikel dibawah ini.

Komponen atau bagian-bagian dalam komputer terbagi tiga, yaitu:

1.  Hardware (perangkat keras)

2.  Software (perangkat lunak)

3.  Brainware (perangkat pemakai)

Ketiga komponen diatas dapat dijelaskan sebagai berikut:

1.  Hardware atau Perangkat Keras

Yaitu perangkat atau bagian dari personal computer yang dapat dirasa oleh panca indera manusia, seperti dapat diraba, dipegang, dan dilihat bentuk serta ukurannya. Contoh bagian dari hardware ini adalah layar monitor, keyboard, prosessor, CPU, dan sebagainya. Fungsi dari hardware yaitu sebagai tempat atau rumah dari program-program serta aplikasi dari komputer itu sendiri, serta merupakan identitas bentuk dari komputer.

2.  Software atau Perangkat Lunak

Yaitu bagian dari komputer yang merupakan sistem serta aplikasi yang membuat suatu komputer menjalankan fungsi sebagaimana mestinya. Software memang tidak memiliki bentuk fisik yang bisa dipegang layaknya hardware, namun software layaknya otak dan organ tubuh bagian dalam pada manusia, yang artinya tidak dapat dilihat namun jika ada kerusakan atau kelainan, maka seluruh fisiknya tidak dapat bekeja dengan optimal. Contoh dari perangkat lunak adalah program windows, aplikasi pengolah kata dan angka seperti Microsoft office serta anti virus ataupun permainan.

3.  Brainware atau Perangkat Pengguna/Pemakai

Merupakan perangkat atau bagian dari komputer yang menjalankan program atau aplikasai dalam komputer tersebut. Yang dimaksud brainware disini adalah manusia pemakai komputer. Tanpa ada manusia yang negoperasikan, mustahil sebuah komputer dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Maka dari itu manusia juga merupakan perangkat dari komputer. Contoh bagian dari brainware adalah operator, data entry, menjalankan internet dan sebagainya.

Setelah mengetahui komponen dalam komputer, diharapkan penbaca dapat memperoleh pengetahuan yang lebih baik mengenai dunia komputer. Semoga pula penjabaran singkat diatas dapat pula menambah wawasan pembaca sekalian mengenai komputer.

Selanjutnya : Dinamika Masalah Konflik dalam Bermasyarakat
Sebelumnya: Penemuan Kompas Magnet Merevolusi Penjelajahan Dunia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar