Komponen-komponen dalam Kopling Motor

Kopling adalah salah satu komponen yang terdapat pada kendaraan bermotor dengan transmisi manual. Kopling ini berada di bagian belakang mesin dengan ujung depan bagian transmisi. Nah, cara kerja dan fungsi kopling ini bisa diketahui lebih jauh dengan mengamati komponen-komponen dalam kopling motor.

Komponen pada Kopling

Loading...

Pada dasarnya, ada dua komponen utama dalam kopling motor. Kedua komponen tersebut adalah:

•    Clutch outer drum atau rumah kopling. Komponen ini ikut berputar bersama dengan poros engkol yang digerakkan oleh bagian roda gigi di bagian ujung poros engkol.

•    Clutch center atau pusat kopling. Komponen ini dipasang pada bagian ujung poros utama perseneling.
Selanjutnya untuk meneruskan perputaran bagian rumah kopling ke pusat kopling dipakai susunan pelat gesek dan pelat baja yang saling bersentuhan. Pelat gesek akan bergerak memutar rumah kopling. Sedangkan pelat baja akan bergerak memutar pusat kopling.

Jenis Kopling Motor

Dua komponen di atas merupakan komponen-komponen dalam kopling motor yang utama. Tentu saja masih ada beberapa komponen pendukung lainnya berdasarkan jenis kopling motor. Nah, berikut ini dua jenis kopling berdasarkan penempatannya.

•    Kopling Reduksi

Posisi kopling ini terdapat di bagian ujung poros utama atau poros masuk transmisi. Pada jenis kopling ini, jumlah gigi kopling dipasangkan di bagian ujung poros utama transmisi lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan gigi penggerak yang terdapat di bagian ujung poros engkol. Dengan struktur seperti ini, putaran kopling menjadi lebih lambat dibandingkan dengan putaran mesin sehingga kopling lebih tahan lama.

•    Kopling Hubungan Langsung

Kopling ini ditempatkan langsung di bagian ujung poros engkol. Karena itu putaran kopling sama dengan putaran mesin. Untuk menggunakan jenis kopling ini, sepeda motor harus dirancang sedemikian rupa supaya kopling tahan lama dan kerjanya tetap baik dan presisi.
Selain berdasarkan penempatannya, ada pula jenis kopling berdasarkan konstruksinya. Dua jenis kopling berdasarkan konstruksinya adalah:

•    Kopling Sepatu Sentrifugal

Pada kopling jenis ini, susunan sepatu atau kanvas kopling bergerak ke arah luar yang diakibatkan gerakan sentrifugal ketika kopling berputar. Pada kopling jenis ini, kopling akan meneruskan putaran dari mesin ke transmisi sesudah gerakan sepatu ke arah luar berkaitan dengan rumah kopling sampai rumah kopling berputar.

•    Kopling Piringan

Kopling jenis ini terdiri atas plat gesek yang berfungsi sebagai plat penggerak untuk menggerakkan kopling. Pada jenis kopling ini, plat gesek dan plat pada kopling manual digerakkan oleh pegas, baik pegas keong ataupun pegas diagfragma.

Nah, itulah komponen-komponen dalam kopling motor dan beberapa jenis kopling. Semoga informasi ini bisa bermanfaat terutama bagi para pemerhati otomotif.

Loading...
Selanjutnya : Memilih Akademi Akuntansi Pembangunan yang Bagus
Sebelumnya: Warisan Perdagangan Para Sahabat Nabi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar