Pembahasan Komponen Pembangkit Listrik Tenaga Angin


Sehubungan dengan komponen pembangkit listrik tenaga angin, sebelumnya akan dibahas pengertian pembangkit listrik. Pembangkit listrik tenaga angin merupakan cara untuk menghasilkan listrik dengan tenaga angin. Hal itu dapat dilakukan dengan turbin atau kincir angin. Tenaga angin merupakan salah satu tenaga alternatif.

Apalagi, tenaga angin tidak terbatas di alam dan bisa didapatkan dengan mudah. Berdasar perspektif ekonomi, pemanfaatan angina tidak memerlukan biaya. Hanya diperlukan alat agar didapat angin yang bisa menghasilkan tenaga. Ini dapat dilakukan jika terjadi permasalahan pada listrik. Ini juga bisa menjadi solusi penghematan listrik.

Komponen Pembangkit Listrik

Komponen yang akan dibahas adalah wind turbine. Di turbin ini ada sumbu horizontal dan sumbu vertikal. Sumbu horizontal memiliki satu atau dua model. Sumbu vertikal difungsikan dengan cara melawan angin. Selain wind turbine, ada utility turbine.

Turbin besar akan tersambung pada beberapa jaringan listrik sehingga dihasilkan tenaga yang besar. Turbin kecil digunakan untuk kebutuhan pompa, rumah, dan alat komunikasi. Biasanya dayanya di bawah 100 watt. Selain itu, turbin kecil lainnya biasanya digunakan untuk baterai generator. Sistem pada turbin kecil disebut hybrid.

Pada wind turbine ada anemometer yang berfungsi mengukur kecepatan angin, kemudian blades terjadinya angin dengan adanya pisau, pisau bisa dua atau tiga, kemudian brake dimana akan menjaga putaran pada poros, jika terjadi angin yang cukup besar sehingga perlu ada titik aman saat terjadi proses putaran pada poros.

Contoller merupakan pengontrol mesin. Gears box menjadi penghubung poros, generator, high speed shaft, low speed shaft yaitu adanya pengubahan kecepatan, nacelle diletakkan di atas menara, pitch, rotor adalah pisau, tower adalah menara baja, wind direction, wind vane, yaw drive untuk menjaga rotor, yaw motor sebagai penyimpan energi.

Selanjutnya : Mengenal Lebih Dekat Sosok Najwa Shihab
Sebelumnya: Membuat Makalah Filsafat Hukum
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar