Beberapa Komponen Permesinan Pada Mobil Tamiya

Komponen permesinan pada mobil tamiya merupakan komponen yang paling sederhana dan mudah dikenali. Seperti yang kita ketahui, bahwa tamiya merupakan mainan mobil yang kecil yang dapat melaju dengan kecepatan yang sangat kencang. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa banyak yang menggemari mainan tersebut. Untuk memperolehnya sendiri tidak sulit karena banyak tersedia di hampir semua toko mainan.

Mobil tamiya tersebut hanya digerakkan oleh satu buah mesin saja, yaitu dinamo. Ada pun hal-hal lainnya merupakan penunjang dari mesin tersebut, seperti dua buah baterai dan gear yang berfungsi untuk menghubungkan antara dinamo dengan roda (ban).

Memodifikasi Mesin Pada Mobil Tamiya

Mainan mobil tamiya yang baru saja dibeli dari toko mainan hanya merupakan mainan mobil “standar”. Maksud dari “standar” tersebut adalah bahwa semua komponen dalam dan luarnya (body mobil) masih original dan belum mengalami perubahan. Sehingga apabila ingin memperoleh mobil mainan tamiya yang hebat maka kita harus melalukan modifikasi pada mainan mobil tamiya tersebut.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memodifikasi tamiya supaya memperoleh mobil tamiya yang hebat, baik pada komponen bodynya, maupun pada komponen permesinannya:

1.   Untuk memperoleh kecepatan yang tinggi, maka dapat dilakukan dengan tiga cara. Pertama, mengganti dinamo yang standar (biasa) dengan dinamo yang bagus. Anda dapat memperolehnya di semua toko mainan yang menjual tamiya. Namun, biasanya harga dari dinamo tersebut sangat mahal.

Kedua, mengubah dinamo standar menjadi dinamo yang hebat dengan cara merubah lilitan yang ada pada dinamo standar dengan kabel lilitan yang lebih tebal dan banyak (lilitannya). Apabila tidak bisa melakukannya sendiri, biasanya ada orang yang ahli yang menjual jasanya untuk merakit dinamo tersebut. Biasanya harganya lebih murah daripada dengan membeli dinamo yang mahal. Ketiga, mengganti baterai dengan kualitas yang baik.

Biasanya para hobi mainan tersebut menggunakan baterai recharger, artinya baterai yang dapat dicharger ulang manakala sudah habis tenaganya.

2.   Sedangkan untuk gear-gearnya cukup diolesi dengan pelumas, sehingga dapat memperlancar dan menambah kecepatan pada mobil tamiya tersebut.

3.   Ada pun untuk memodifikasi bodynya, biasanya tergantung selera masing-masing. Ada yang suka menambah bemper depan dan belakang sehingga lebih kuat dan siap untuk mengalami benturan. Mengganti ban sesuai dengan keinginan. Ada ban yang terbuat dari busa dan juga dari karet.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan kepuasan dalam melakukan hobi tamiya tersebut maka dapat dilakukan dengan cara memodifikasinya. Yang perlu dipahami lagi adalah bahwa komponen permesinan pada tamiya tersebut pada mulanya sangat biasa (standar), sehingga harus kita modifikasi lagi untuk menghasilkan kecepatan dan kondisi mesin yang lebih baik lagi. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Cara Unreg Ceesan IM3 Mudah dan Cepat
Sebelumnya: Fungsi Media Komunikasi Audio dan Manfaatnya Di Bidang Pendidikan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini