Sejarah Singkat Perkembangan Kompor Gas

Kini, kompor gas sudah digunakan oleh hampir setiap rumah di negeri ini. Namun, meski hampir setiap hari digunakan untuk memasak makanan, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui sejarah perkembangan kompor yang menggunakan gas elpiji sebagai bahan bakar ini. Untuk merunut sejarah dari kompor berbahan bakar LPG, kita harus mencari jejak perkembangan kompor dan tungku karena dari sanalah semuanya berasal.

Sejak sejarah peradaban manusia dimulai, manusia sudah mengenal api. Mereka menggunakannya untuk mematangkan bahan makanan yang ditemukan di alam. Bangsa Timur seperti Korea, Jepang, dan China lebih dulu mengenal tungku dibandingkan dengan bangsa Barat atau Eropa. Menurut berbagai literatur, tungku tanah liat sudah dipakai oleh bangsa Cina sejak masa dinasti Qing atau sekitar abad ketiga sebelum masehi.

Di Jepang, tungku tanah liat atau yang disebut kamado sudah digunakan pada masa kerajaan Kofun atau sekitar abad III hingga VI sebelum masehi. Bentuk dan sistem pembakaran pada kamado masih digunakan hingga zaman kerajaan Edo atau sekitar abad XVII. Selain itu, bangsa Eropa memasak dengan menggunakan kayu bakar pada sekitar abad pertengahan yang kemudian terus mengalami perkembangan hingga menjadi bentuk perapian tinggi dengan cerobong asap yang ternyata sangat memudahkan orang untuk memasak makanan.

Kompor minyak pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 1849 oleh seseorang bernama Alexis Soyer. Kompor minyak portable pertama ini menggunakan campuran minyak tanah yang kemudian diberikan tekanan udara. Terdapat pula versi kompor minyak lain yang tidak menggunakan tekanan udara tetapi menggunakan sumbu. Pada tahun 1820, untuk pertama kalinya, kompor berbahan gas dibuat.

Kompor tersebut masih berupa prototype yang kemudian baru muncul ke hadapan publik di World Fair London, pada tahun 1851. Kompor ini pun dikenal oleh masyarakat luas. Meski demikian, perkembangannya terbilang cukup lambat karena keterlambatan pemasangan jaringan pipa LPG, terutama di Negara yang mengalami krisis ekonomi pada saat itu. Seiring dengan berjalannya waktu, kompor gas kemudian mulai dikenal di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang saat ini juga mensosialisasikan penggunaannya untuk menanggulangi harga minyak dunia yang terus melonjak.

Demikianlah uraian tentang sejarah kompor gas yang dapat memberikan wawasan bagi pembaca. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Contoh Paragraf Persuasif
Sebelumnya: Tip Menghilangkan Kebiasaan Onani
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar