Kompresi Text Menjadi Data Data Zip dalam Linux

Kegiatan kompresi file memang sudah biasa dilakukan oleh banyak orang terutama bagi mereka yang sering mengirim file dengan jumlah yang banyak. Jumlah yang banyak tersebutlah yang membuat orang harus melakukan kompresi agar file dapat dengan mudah untuk dikirimkan melalui surat elektronik. Namun, tidak semua orang terbiasa melakukan kompresi text menjadi data data zip dalam linux.

Kompresi File

Kompresi file merupakan suatu proses yang dilakukan untuk memperkecil ukuran dari file yang sebenarnya. Meskipun file yang ada telah dilakukan kompresi atau pemapatan, tetapi isi dari file tersebut tetaplah terjaga keaslian dan kondisinya. Jadi, meskipun telah dikompres menjadi ukuran yang lebih kecil, tetapi isi filenya akan tetap sama ketika ukurannya masih besar.

Proses pengkompresan yang dilakukan pada file text akan terlihat lebih jelas jika dibandingkan dengan jenis file yang lainnya. Misalnya saja, jenis file gambar seperti jpg ataupun jpeg, kedua file ini ketika dikompresi tidak memberikan perubahan ukuran dari file tersebut yang begitu berarti.

Proses kompresi yang dilakukan pada linux terkadang tidak jauh berbeda dengan proses kompresi yang biasa dilakukan pada windows. Semua itu bergantung pada sistem operasi linux yang digunakannya dan software yang dipakai.

Jika pada windows kita terbiasa menggunakan zip ataupun winrar, maka di linux juga ada software yang digunakan untuk proses pengkompresan file. Beberapa software yang bisa digunakan adalah sebagai berikut.

GNU ZIP

Aplikasi GNU Zip adalah aplikasi dasar yang terdapat pada sebuah sistem operasi berbasis Linux. Penggunaan aplikasi ini sudah sering dipakai oleh orang banyak, namun sayang untuk proses pengkompresan hanya bisa dilakukan pada satu file saja, sehingga ketika ingin mengkompres file banyak dalam waktu bersamaan sangatlah tidak dimungkinkan.

Selain itu, terdapat pilihan level pada saat pengkompresan. Ada level 1 hingga 9 yang akan menentukan besarnya file kompresan dan waktu yang dibutuhkan untuk proses kompres file tersebut.

Bzip2

Aplikasi ini lebih baik daripada GNU Zip, tetapi tetap memiliki dasar yang sama seperti GNU Zip.

Kedua aplikasi tersebut bisa digunakan sebagai kompresi text menjadi data data zip dalam Linux. Jika ingin hasil file kompresi bisa dibuka di Windows, maka kita harus melakukan pengaturan hasil keluaran berupa zip.

Selanjutnya : Karakteristik Kucing Jinak
Sebelumnya: Politik Setelah G30S PKI
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...