Komunikasi Bentuk Ekspresi-ekspresi Umum sebagai Komunikasi Non Verbal

Komunikasi bentuk-bentuk ekspresi secara umum memang biasa digunakan oleh tiap individu sebagai bentuk komunikasi dengan orang lain. Selain dengan bahasa verbal, ekspresi juga sering menjadi pilihan dalam komunikasi dengan orang lain. Cara yang dapat digunakan pun bermacam-macam seperti, gestur atau bahasa tubuh, ekspresi wajah, gerak isyarat ataupun kontak mata. Penggunaan cara berkomunikasi tersebut dapat dikatakan sebagai bahasa non verbal karena tidak menggunakan kata sebagai alat berkomunikasi.

Macam Komunikasi Bentuk Ekspresi Umum

Komunikasi adalah sebuah proses dimana manusia sebagai individu menggunakan informasi agar dapat terhubung dengan orang lain atau pun lingkungan sekitar. Secara umum komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal (dengan kata-kata) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Namun kenyataannya selain menggunakan bahasa verbal, manusia juga tidak jarang menggunakan bahasa nonverbal sebagai alat komunikasi. Komunikasi nonverbal adalah proses komunikasi dimana informasi disampaikan tanpa menggunakan kata-kata.

Komunikasi bentuk ekspresi-ekspresi umum tergolong ke dalam komunikasi nonverbal. Mengingat komunikasi nonverbal adalah cara berkomunikasi tanpa menggunakan kata-kata. Contoh komunikasi nonverbal adalah komunikasi menggunakan gerak isayarat, ekspresi wajah, bahasa tubuh, kontak mata. Selanjutnya penggunaan objek seperti pakaian, simbol-simbol juga dapat dikategorikan kedalam bahasa nonverbal. Bahkan intonasi pada saat berbicara, penekan, kualitas dan emosi serta gaya berbicara pun termasuk dalam bahasa nonverbal.

Perkembangan Komunikasi Bentuk Ekspresi Umum

Komunikasi dalam bentuk ekspresi memang sudah menjadi suatu kebiasaan yang tanpa kita sadari sering kita lakukan. Pada saat kita merasa marah, kita tidak pernah memberitahu lawan bicara kita bahwa kita sedang marah, namun cukup dengan menaikan intonasi dan mengubah gaya bicara kita menjadi lebih tegas, lawan bicara kita akan segera mengetahui bahwa kita sedang marah. Selain hal tersebut, kita juga sering memberikan suatu informasi dengan bahasa tubuh kita, misalnya jika kita merasa tidak nyaman, seseorang yang tidak merasa nyaman akan terlihat dari bahasa tubuh mereka yang nampak tidak tenang.

Selain bentuk ekspresi tersebut, kita juga menggunakan simbol dalam berkomunikasi. Simbol tersebut biasa kita kenal dengan sebutan emoticon, simbol yang berguna untuk menunjukan perubahan emosi atau ekspresi kita terhadap sesuatu. Kita biasa menggunakan simbol ini dalam berkomunikasi lewat jejaring sosial sebagai salah satu alat yang dapat memberitahukan lawan bicara kita bagaimana ekspresi kita saat sedang berkomunikasi dengannya. Perkembangan komunikasi bentuk ekspresi-ekspresi umum pun kian berkembang dibuktikan dengan semakin banyaknya model simbol yang bermunculan.

Selanjutnya : Apakah yang Dimaksud Perumahan Cluster
Sebelumnya: Kesenian Betawi yang Hampir Punah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...