Trik Komunikasi dengan Orang Asing


Komunikasi menjadi hal terpenting dalam berinteraksi dengan sesama, terlebih bagi orang yang bisa berbahasa asing, terutama bahasa Inggris. Ya, tampaknya sudah menjadi suatu keharusan bagi siapa saja yang tidak ingin tertinggal pergaulan global dengan menguasai bahasa Inggris. Komunikasi dengan orang asing akan jauh lebih mudah apabila kita bisa berbahasa Inggris karena bahasa ini adalah bahasa internasional.

Lalu, bagaimana caranya agar kita cepat mahir berbahasa Inggris? Tentunya tidak bisa instan dan harus belajar setahap demi setahap. Nah, kali ini ada trik yang bisa memandu Anda agar cepat mahir berbicara bahasa Inggris. Apa saja?

Belajar Komunikasi Berbahasa Inggris

Pertama, perbanyak perbendaharaan kosa kata dalam bahasa Inggris untuk Anda hafal dan ucapkan. Latihlah perbendaharaan kata-kata asing tersebut dengan teman atau rekan berlatih Anda agar terbiasa. Jangan lupa, pelajari juga tata cara berbahasa Inggris yang baik meskipun tidak selalu harus baku.

Kedua, bila Anda belum merasa yakin menguasai bahasa Inggris, jangan memaksakan diri untuk berbicara dengan orang asing, karena hal tersebut justru akan membuat Anda terlihat bodoh. Pelajari dulu tata cara berbicara dalam bahasa Inggris sebelum Anda mempraktikkannya, dan jangan sampai Anda berbicara ngawur atau ngelantur dengan orang asing, atau bahkan menyinggung perasaan mereka yang Anda sendiri tidak mengetahui di mana letak kesalahan Anda.

Ketiga, ketika Anda mulai berani mengajak orang asing berbicara dalam bahasa Inggris, jangan segan-segan atau malu mengatakan bahwa Anda tidak paham manakala ada kata-kata dari lawan bicara Anda yang memang tidak Anda pahami. Biasanya, jika Anda mengatakan tidak atau kurang paham, orang asing yang menjadi lawan bicara Anda akan mengerti dan mencari cara lain agar Anda bisa memahami kata-katanya.

Keempat, terkadang saat Anda berbicara dengan orang asing, lawan bicara Anda itu terlalu cepat dalam berkata-kata sehingga Anda tidak bisa menangkap apa yang dikatakannya dengan baik. Apabila hal itu terjadi, jangan malu meminta kepada lawan bicara Anda untuk mengulangi kata-katanya. Kalau perlu, dalam tempo yang lebih lambat dan jelas agar Anda dapat mengerti apa yang dia maksud.

Kelima, ini yang terpenting, jangan tegang saat Anda mencoba berbicara dengan orang asing. Biasa saja, bersikap santai, dan tunjukkan ekspresi yang wajar, supaya lawan bicara Anda tetap merasa nyaman dalam berkomunikasi. Demikian trik komunikasi dengan orang asing.

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Beberapa Contoh Proposal Penelitian Kualitatif
Sebelumnya: Beberapa OST Park Gaein dan Jeon Jinho Drama Korea Personal Taste
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar