Komunikasi Media Massa

Komunikasi media massa adalah sebuah usaha untuk menyebarkan pesan secara serentak melalui media publik sehingga nantinya dapat mempengaruhi banyak orang. Komunikasi media masa biasanya digunakan untuk menyampaikan pesan baik itu dalam rangka kampanye, iklan atau lainnya.

Dampak komunikasi masa sangatlah besar. Komunikasi dapat dengan mudah menyebarkan sebuah pesan. Baik itu pesan dari sebuah perusahaan terlebih pesan dari pemerintah. Dan banyak orang yang lebih melirik kepada jenis komunikasi masa dari pada komunikasi biasa. Tentu saja karena efektifitasnya yang luar biasa.

Loading...

Berbagai macam komunikasi media masa yang ada dewasa ini semakin canggih. Jika dulu orang hanya bisa menyampaikan pesan secara serentak melalui koran saja, sekarang orang bisa menyampaikan pesan melalui media televisi, internet bahkan melalui media website, baik itu website media iklan atau website yang bersifat jejaring sosial.

Fenomena jejaring sosial sebagai media komunikasi masal juga dimanfaatkan para calon legislatif atau mereka yang sedang ingin meraih hati masyarakat karena mengincar jabatan tertentu. Konon, Presiden Amerika juga memilih media internet sebagai ajang kampanye. Dan itu terbukti sukses. Agar lebih faham tentang ciri-ciri komunikasi media masa, berikut ciri-ciri dan juga contohnya:

Ciri-ciri komunikasi media masa adalah:

1.  Komunikator memiliki keahlian tertentu

2.  Ada pengaruh yang dikehendaki

3.  Pesan secara umum searah.

4.  Yang dituju heterogen dan umum

5.  Media yang dipakai jelas

Itulah diantara ciri-ciri komunikasi media masa. Sedangkan medianya sendiri ada berbagai macam. Berikut contoh media komunikasi masa :

1.  Televisi. Biasanya melalui iklan dan layanan masyarakat

2.  Koran. Inipun melalui iklan dan kolom khusus misalnya gambar

3.  Dunia internet. Ini bisa melalui banyak media, misalnya, website jejaring sosial, website profil pribadi, website berita, website forum, portal dan sebagainya.

Itulah penjelasan tentang komunikasi media masa sekarang ini. Komunikasi media masa semuanya itu sebenarnya sangat efektif untuk menyebarkan pesan. Seperti kampanye melalui dunia maya. Sudah banyak yang membuktikan akan kekuatan media internet untuk kampanye. Semoga artikel singkat ini bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Membuat dan yang Harus Dilampirkan dalam Surat Lamaran
Sebelumnya: Usaha Sendiri Dengan Modal 10 Juta
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar