Kondisi-kondisi Tertentu Terkait dengan Puasa

Telah banyak dari kita, terutama umat muslim yang mengetahui banyak manfaat yang didapat dari berpuasa, terutama puasa wajib di bulan Ramadhan. Namun ada orang-orang dengan kondisi-kondisi tertentu terkait dengan puasa diberi kemudahan Allah untuk menjalaninya. Contoh kondisi yang mendapat kemudahan dari Allah adalah sebagai berikut:

1.  Orang yang Sedang dalam Perjalanan

Seorang musafir mendapat keringanan dari Allah untuk tidak berpuasa dalam perjalanannya dengan syarat harus menggantinya di hari yang lain. Sebagaimana sabda firman Allah yang artinya

2.  Orang yang Menderita Penyakit

Seseorang yang menderita penyakit dan kondisinya mengharuskannya untuk tidak berpuasa karena akan memperparah sakitnya atau menghambat kesembuhannya, maka tidak wajib baginya berpuasa. Namun, wajib menggantinya ketika ia telah sembuh, jika orang tersebut tak kunjung sembuh, maka boleh mengganti puasa wajibnya dengan membayar fidyah.

3.  Orang yang Sedang Hamil atau Menyusui

Seorang ibu yang sedang mengandung dan atau menyusui dibolehkan untuk membatalkan puasanya ataupun tidak berpuasa sama sekali di bulan Ramadhan, tetapi ia harus wajib menggantinya di lain waktu yang telah lapang atau membayar fidyah sebanyak hari yang ditinggalkan tersebut.

4.  Orang yang Sudah Renta

Orang yang telah lanjut usia tentu sudah lemah kondisi tubuh dan ketahanan fisiknya, ataupun sifatnya sudah uzur kembali seperti anak-anak. Hal ini dibolehkan untuk tidak berpuasa saat Ramadhan, namun keluarganya harus membayar fidyah atas puasanya.

5.  Kondisi Dimana Mengharuskannya Membatalkan Puasa

Di beberapa belahan dunia terdapat kondisi dimana umat Islam tidak dapat berpuasa, misalnya cuaca ekstrem yang akan membahayakan jiwanya jika tetap berpuasa, tertimpa bencana, pekerja berat, di bawah ancaman akan dibunuh atau disiksa jika perpuasa.

6.  Orang yang Sedang Berperang

Kaum yang sedang dalam peperangan atau para pejuang di medan perang boleh membatalkan puasanya sebagaimana Hadits Rasulullah SAW
Dari penjelasan di atas dapatlah diketahui dan dipahami tentang kondisi-kondisi tertentu terkait dengan puasa bagi umat muslim. Sesungguhnya puasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban bagi setiap muslim tanpa terkecuali. Sedangkan bagi orang yang memiliki beberapa kondisi yang dinilai lemah atau tidak mampu dalam menjalani kewajiban tersebut maka baginya diberi kemudahan untuk membatalkan puasa atau tidak berpuasa sama sekali dengan syarat agar menggantinya di lain hari atau membayar sejumlah fidyah sebagaimana yang telah ditentukan.

Loading...
Selanjutnya : Sejarah Pahlawan Perjuangan
Sebelumnya: Contoh Paragraf Persuasif
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar