Kondisi Perekonomian Saat Ini


Kondisi perekonomian saat ini di berbagai negara sebenarnya sama saja. Semua negara pasti mengalami yang namanya kondisi perekonomian yang menurun, meningkat, dan stabil.

Bergantung pada proses pengendalian sistem perekonomian negara dan kebijaksanaan dalam pengolahan usaha. Kondisi perekonomian saat ini bagi negara-negara yang maju mengalami kondisi stabil bahkan naik, tapi bagi negara-negara berkembang sekelas Indonesia, kondisinya bisa stabil bahkan menurun.

Kondisi Perekonomian

Di Indonesia, kondisi perekonomiannya sungguh miris. Ketimpangan sosial dan kurang meratanya taraf ekonomi masyarakat Indonesia jauh dari stabil. Bayangkan saja, banyak orang yang kaya, dan lebih banyak lagi orang yang miskin, bahkan sangat miskin. Gelandangan, pengemis, pengamen, dan kondisi perekonomian yang ada di daerah pelosok atau daerah tertinggal di beberapa wilayah Indonesia kehidupannya sunggu mencengangkan.

Bagi daerah sekelas Bandung saja, perekonomiannya tidak merata. Penghasilan per orangnya jika dirata-ratakan tidak sama. Mungkin bagi menengah ke bawah hanya sekitar sepuluh atau dua puluh ribu per hari. Bagaimana yang berada di bawah garis kemiskinan? Mereka bahkan kesulitan mencari sesuap nasi untuk sehari makan. Miris sekali. Dan, tak jarang, bantuan pemerintah jatuh ke tangan yang salah.

Kondisi perekonomian global Indonesia tidak mengalami kemajuan. Mulai banyaknya peluang usaha dan pembukaan berbagai pekerjaan dari berbagai bidang.

Tapi, tentu saja, banyak pula pelamar yang sudah siap bekerja yang mungkin tidak sanggup ditampung oleh perusahaan-perusahaan yang sedang membutuhkan pekerja. Jadi, mungkin sebenarnya Indonesia belum berkembang sama sekali. Masih jalan di tempat dan belum stabil.

Masalah kondisi perekonomian saat ini juga terjadi akibat rencana kenaikan BBM yang sekarang mulai terasa. Harga-harga sembako satu per satu mulai merangkak naik. Selain itu, masalah ekonomi lainnya terjadi pada swasembada pangan.

Daerah pertanian masih belum mampu mensuplai kebutuhan beras dengan pas. Indonesia masih harus menggunakan beras impor untuk memenuhi kebutuhan pangan Indonesia. Sedih memang, kapan Indonesia mampu mencapai kondisi ekonomi stabil di mana penghasilan masyarakatnya merata.

Ini menjadi PR bagi pemerintah untuk menstabilkan kondisi perekonomian saat ini. Menurunkan inflasi dan mulai membuka lowongan pekerjaan sebanyak-banyaknya, bantuan modal usaha, dan menghilangkan sistem suap untuk para calon pegawai yang marak di Indonesia.

Selanjutnya : Belajar Menjadi Fotografer
Sebelumnya: Berbagai Ragam Kesenian Jawa Barat yang Harus Dilestarikan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar