Pembahasan Konflik Ambalat


Konflik Ambalat menjadi kenangan terburuk untuk bangsa Indonesia. Sebab, akhirnya Malaysia memenangkan sebagian wilayah Kalimantan tersebut untuk negaranya. Padahal, jelas bahwa Ambalat adalah milik Indonesia. Kejadian tersebut sangat disayangkan.

Apalagi, kasus tersebut cukup mempermalukan nama Indonesia. Permasalahan tidak berhenti di situ. Sebagai bangsa Indonesia, kita tentu sakit hati jika daerah kita diakui negara lain. Sejak kejadian itu, petugas lebih siaga. Mereka sangat hati-hati saat menghadapi Malaysia. Apalagi, Indonesia sering bermasalah dengan Malaysia. Memang Indonesia masih memiliki kekurangan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Tentara Indonesia berjaga di laut Ambalat. Bahkan, sempat ada senggolan antara kapal Malaysia dan kapal Indonesia. Sempat disiapkan kapal perang karena ditakutkan terjadi hal yang tidak diinginkan. Harus diakui bahwa kapal yang disediakan tidak cukup karena laut Indonesia sangat luas. Peralatannya juga kurang memadai. Seharusnya, TNI lebih waspada.

Ambalat

Konflik Ambalat sangat disayangkan. Indonesia kini dikalahkan Malaysia. Padahal, Malaysia dulu belajar di Indonesia. Mungkin, karena terlalu ramah dalam menyambut negara lain, ketika terjadi perlawanan, kita selalu mengalah.

Padahal, kekuatan tentara Indonesia dan Malaysia sangat berbeda. Seharusnya, tentara Malaysia takut pada tentara Indonesia karena jumlahnya lebih banyak. Tentara Indonesia tidak segan mengeluarkan peluru saat pihak lain yang dicurigai memasuki wilayah Indonesia secara ilegal.

Dengan adanya kejadian seperti itu, seharusnya Indonesia bisa mengambil banyak pelajaran. Salah satunya adalah untuk tidak mudah percaya dengan bangsa lain. Dalam hal ini bangsa yang dimaksud adalah Malaysia.

Bukan rahasia lagi, Malaysia selalu mengambil kekayaan Indonesia. Mulai dari pulau sampai dengan kebudayaan Indonesia. Untuk itu, Indonesia perlu waspada terhadap bangsa Malaysia. Hal ini bertujuan agar kejadian seperti dahulu tidak terulang lagi.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa itu konflik Ambalat? Konflik yang merebutkan Pulau Kalimantan. Ya, pada akhirnya pihak Malaysia menjadi pemenang dan mendapatkan Pulau Kalimantan.

Demikianlah ulasan seputar konflik Ambalat antara malaysia dan Indonesia. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat bagi para pembaca. Khususnya dalam wawasan sejarah tentang konflik Indonesia dan Malaysia.

Selanjutnya : Dansa Rumba – Salah Satu Jenis Dansa Romantis
Sebelumnya: Jenis dan Ukuran Pesawat Udara serta Landasannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar