Konsep Ceramah Agama Islam di Bidang Pendidikan


Islam merupakan agama yang peduli pada pendidikan. Banyak perintah Tuhan yang mengatakan pada kita untuk mengejar ilmu. Sebagai manusia yang ingin mendapat ridho Allah, urusan dunia dan urusan akhirat tentu harus seimbang. Ketika Anda ingin menyampaikan ceramah, pastikan konsep ceramah agama Islam yang Anda buat sesuai dengan konteks yang dibutuhkan pendengar.

Dalam pengertiannya, ceramah berarti bercakap-cakap dan cerewet. Jika disandingkan dengan kegiatan ceramah, maka pengertian tersebut sesuai dengan kenyataannya. Ketika seseorang menyampaikan ceramah, sebagai penceramah yang baik tentu isi dari ceramah tersebut adalah mengajak kebaikan.

Konsep Ceramah Agama tentang Pendidikan

Yang perlu Anda konsep pertama kali adalah bagaimana menyampaikan pendahuluan. Biasanya orang akan menyampaikan ceramah merasa kikuk jika berhadapan dengan banyak orang. Karena itula yang terpenting adalah mengonsep pendahuluan atau pengantar. Jika Anda dapat melewati masa ini, maka untuk selanjutnya Anda akan merasa santai meneruskan ceramah.

Kedua, yang perlu Anda konsep adalah isi dari ceramah, jika Anda mengambil tema pendidikan, mulailah dengan membicarakan berita terkini mengenai perkembangan pendidikan di Indonesia, selanjutnya ceritakan mengenai pandangan Anda tentang pendidikan Indonesia. Kemudian sandingkan ceramah Anda dengan beberapa dalil agama Islam mengenai derajat umat yang ditinggikan oleh Allah jika mereka mau mencari ilmu.

Berikan pula masukan pada pendengar bahwa pendidikan tidak hanya dibutuhkan untuk mengimbangi akademik, ilmu juga dapat digunakan untuk meningkatkan citra agama di hadapan agama lainnya. Dengan ilmu pula seseorang dapat menghasilkan kehidupan yang layak.

Faktor Penunjang Penampilan

Meski Anda telah menyiapkan konsep ceramah yang apik, jika Anda tidak memerhatikan penampilan, maka ceramah yang Anda sampaikan mungkin tidak akan maksimal. Perhatikan penampilan Anda sebelum menyampaikan ceramah. Jika Anda berada di tengah orang-orang yang berpenampilan mewah, maka Anda hanya perlu pakaian yang sederhana untuk berceramah, jika Anda berada di lingkungan orang dengan penampilan biasa saja, maka Anda bisa menggunakan pakaian yang memiliki warna agak mencolok. Hindari pemakaian pakaian berwarna hitam karena warna itu terkesan untuk suasana berkabung.

Faktor lainnya juga adalah sesuaikan kalimat Anda. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Baik berarti seseuai dengan konteks dan benar berarti sesuai dengan kaidah yang ada. Jika Anda dapat memadukan keduanya, maka Anda dapat menyampaikan isi ceramah dengan santai. Jangan lupa untuk menyelipkan bahasa ibu pendengar agar lebih menjalin hubungan yang akrab.

Demikian artikel singkat mengenai konsep ceramah agama Islam mengenai pendidikan. Semoga dapat membantu Anda untuk menyusun konsep ceramah dengan baik.

Selanjutnya : Fungsi Touchpad, Sejarah dan Perkembangannya
Sebelumnya: Apa Itu Ceramin Buat Bedak?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar