Konsep Filsafat Sosial yang Ada di Masyarakat

Membahas Konsep filsafat sosial yang ada di dalam masyarakat yang dapat digunakan sebagai dasar teori sosial. Filsafat yang berkembang di dalam masyarakat berasal dari pengalaman yang telah dilalui dan dirasakan oleh masyarakat itu sendiri.

Saat awal perkembangannya filsuf terkenal dan andal baerasal dari Negara Yunani. Mereka menjadi pemikir-pemikir persoalan yang ada di dalam masyarakat.

Menurut salah satu ahli filsafat adalah semua yang sangat berkaitan dengan pikiran manusia. Filsafat memiliki dua pengertian, pengertian pertama adalah sebagai cara yang digunakan untuk dapat memecahkan sebuah masalah sedangkan pengertian berikutnya adalah kesimpulan yang didapat dari proses pemecahan masalah.

Tokoh-tokoh  Filsafat Sosial

Ada tiga filsafat sosial yang cukup dikenal di dunia mereka adalah Socrates, Plato dan Aristoteles. Untuk lebih mengenal konsep filsafat sosial yang mereka cetuskan mari kita bahas di bawah ini.

1. Socrates

Pemikir yang satu ini terlahir sekira pada tahun 470 SM. Socrates dikenal sebagai salah satu prajurit perang yang dimiliki Athena. Meski begitu ayahnya adalah seorang pemahat patung yang cukup terpandang dan juga menjadi salah satu inspirator anaknya.
Dia terpanggil setelah berpikir bagaimana caranya agar dapat membuat masyarakat Athena menjadi lebih cerdas.

Setelah berpikir keras, maka ia mengemukakan bahwa apabila ingin mempelajari sesuatu yang baru adalah mengenalinya terlebuh dahulu. Menurutnya kecerdasan menjadi dasar utama yang harus digunakan di dalam adat istiadat, lembaga sosial dan juga di dalam hubungan antara manusia.

2. Plato

Tak jauh berbeda dengan filsafat sebelumnya, Plato terlahir ketika tahun 427 SM. Ketika Socrates meninggal Plato mulai menjelajah dunia mulai dari Mesir hingga Italia. Cara berpikir Plato sedikit berbeda dengan Socrates, Plato beranggapan bahwa apabila ingin mendapatkan kebenaran maka haruslah menguji konsep dengan kenyataan yang ada. Plato adalah orang pertama yang mencetuskan bahwa antara pria dan wanita memiliki status sosial yang sama.

3. Aristoteles

Aristoteles adalah salah satu murid tercerdas yang dimiliki oleh Plato. Dia dilahirkan pada tahun 384 SM. Plato menganggap bahwa Aristoteles dapat berpikir dan mengembangkan pikirannya.

Setelah belajar di Academia dan berkelana, maka Aristoteles memberikan ajaran tentang asal muasal masyarakat, organisasi sosial, organisasi publik, organisasi politik dan juga etika sosial serta kemajuan sosial. Filsafat yang paling terkenal adalah kodrat manusia sebagai makhluk sosial.

Inilah sedikit tulisan tentang Konsep filsafat sosial, semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Paket BB Gaul IM3
Sebelumnya: Kisah Surat Al Ikhlas
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar