Konsep-konsep Dasar Metode Penelitian Sosial


Konsep-konsep dasar metode penelitian sosial itu tidak berbeda jauh dengan konsep dasar penelitian bidang lain. Yang menjadi perbedaannya mungkin hanya pada tema, pendekatan yang diambil, data, kesimpulan, implikasi, dan referensi yang digunakan. Pada dasarnya, konsep penelitian itu adalah cara mengumpulkan data secara detail yang berkaitan dengan masalah dan menganalisisnya secara terstruktur dengan metode ilmiah.

Pentingnya Penelitian Sosial

Mengapa penelitian sosial itu penting dilakukan? Semua jenis penelitian mempunyai pola yang sama, yaitu menggunakan metode ilmiah. Dengan konsep ini, semua data diambil dengan mempertimbangkan banyak hal.

Hasilnya bisa memberikan petunjuk kepada banyak orang bahwa telah terjadi hal-hal tertentu di tempat tertentu yang disebabkan oleh sesuatu. Kejadian ini harus menjadi perhatian kalau tidak mau terjadi seperti yang telah digambarkan dalam penelitian.

Misalnya, ketika ada penelitian tentang banyaknya remaja yang telah melakukan seks bebas di beberapa daerah. Informasi ini adalah suatu peringatan bahwa sesuatu yang serius telah terjadi.

Orang tidak bisa lagi melihat keluguan seorang remaja apa adanya. Apalagi, ada kejadian di Surabaya, seorang remaja yang menjadi mucikari bagi teman-temannya. Kejadian ini bisa juga menimpa remaja lain di daerah lain.

Suatu hasil penelitian itu bisa menjadi preseden bagi penelitian yang lainnya. Sampel yang mirip bisa menghasilkan kesimpulan yang hampir sama, walaupun data diambil di tempat yang berbeda pada waktu yang berbeda.

Inilah satu konsep penelitian dengan data yang hampir serupa. Jadi, setiap hasil penelitian itu tidak bisa diremehkan dan menganggap bahwa hal itu hanya terjadi di tempat pengambilan data.

Gejala sosial tentang pembunuhan anak yang dilakukan oleh ibu kandung sang anak atau aksi pembunuhan dengan mutilasi dan kasus ayah kandung memperkosa anak kandung, ternyata bisa terjadi di banyak tempat. Artinya, tema penelitian sosial itu bisa menjadi satu kasus yang bisa diambil pelajaran oleh siapa pun.

Jangan meremehkan apa yang bisa diungkapkan dari penelitian apa pun. Pendekatan dan metodologi yang digunakan sudah tepat, maka hasilnya harus menjadi bahan renungan semua orang yang berada di seluruh Indonesia. Inilah konsep-konsep dasar metode penelitian sosial yang harus menjadi pemikiran bersama.

Selanjutnya : Aplikasi Kamus PC
Sebelumnya: Klasifikasi Diabetes dan Gangguannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar