Konsep Laporan Keuangan

Suatu lembaga atau perusahaan apa pun di dalamnya pasti terdapat hal yang terkait dengan keuangan. Orang yang diberi tugas dalam bidang keuangan, juga harus memberi laporan mengenai keuangan. Laporan keuangan yang dibuat haruslah sesuai dengan konsep laporan keuangan. Laporan keuangan juga mempunyai standar, dan standar tersebut yakni standar yang berupa konsep.

Hal-hal pada Laporan Keuangan

Laporan keuangan terdiri dari banyak hal. Banyak hal yang harus dilaporkan pada laporan keuangan diantaranya adalah posisi keuangan. Perusahaan tentunya membutuhkan laporan tentang posisi keuangan pada saat tersebut dan posisi keuangan yang harus dilaporkan setiap tahun. Posisis keuangan tersebut untuk mengetahui bagaimana keadaan keuangan perusahaan tersebut.

Selain itu, dalam laporan juga harus terdapau laporan keuangan mengenai hasil usaha. Hasil usaha yang dilaporkan tidak hanya berupa laba saja, namun juga dari segi kerugian perusahaan. Laporan keuangan mengenai rugi lama ini sangat penting untuk dilaporkan.

Selanjutnya, dalam laporan keuangan,juga terdapat laporan keuangan dalam bentuk lain. Misalnya saja jika perusahaan mengalami laba dan kemudian laba tersebut sedang ditahan atau dalam masa penahanan dari pihak yang terkait, maka hal ini juga harus dilaporkan.

Membuat Laporan Keuangan

Laporan keuangan harus dibuat sebaik dan serapi mungkin. Laporan keuangan tidak boleh dibuat dengan cara asal-asalan atau dengan cara membuat laporan tidak sesuai dengan kenyataan. Sehat atau tidaknya suatu perusahaan, juga terlihat dari laporan keuangan.

Laporan keuangan yang dibuat tidak hanya berupa formalitas, namun merupakan laporan keuangan yang harus benar-benar dibuktikan. Hal ini menyangkut mengenai nasib dari perusahaan itu sendiri, oleh karena itu konsep laporan keuangan harus diketahui betul agar tidak salah di dalam membuat laporan.

Selanjutnya, laporan keuangan yang dibuat tersebut tidak bisa dibuat dengan cara yang spontan atau bisa selesai dalam kurun waktu yang singkat. Laporan keuangan bukan laporan yang bisa selesai dalam kurun waktu yang singkat.

Laporan keuangan tahunan harus dibuat berdasar laporan keuangan yang dibuat secara bulanan. Laporan keuangan yang dikerjakan per bulan tersebut kemudian dibuat untuk mengerjakan laporan secara tahunan yang nantinya dipertanggungjawabkan dihadapan semua direksi atau pun direktur.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui konsep laporan keuangan agar laporan yang dibuat nantinya jelas dan tidak banyak pertanyaan terkait konsep dari laporan. Semoga ulasan ini membantu di dalam membuat laporan keuangan.

Selanjutnya : Bagaimanakah Contoh Bentuk Proposal Permohonan Beasiswa?
Sebelumnya: Cara Masak Bubur Pake Slow Cooker
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...