Pentingnya Mempelajari Konsep Penelitian Sebelumnya dalam Sebuah Analisis Karya Sastra


Dalam menganalisis sebuah karya sastra, cakrawala harapan (pengalaman pembacaan) dari seorang peneliti memang sangat menentukan.

Salah satu hal yang bisa digunakan sebagai referensi sebelum melakukan penelitian ataupun analisa terhadap karya sastra adalah mempelajari konsep penelitian sebelumnya.

Pentingnya mempelajari konsep terdahulu ini berkaitan dengan referensi maupun model penelitian yang akan dibuat. Sebagai referensi, konsep penelitian terdahulu bisa memberikan sebuah gambaran konsep yang nantinya akan dibangun oleh peneliti. Dilihat dari betuknya, maka penelitan sebelumnya mampu dijadikan pijakan untuk memulai sebuah penelitian.

Dengan mempelajari penelitian sebelumnya, maka kita bisa tahu dimana kekurangan-kekurangan dari penelitian tersebut yang nantinya bisa disempurnakan dalam penelitian yang akan kita buat.

Oleh karena itu, mempelajari penelitian sebelumnya sangat penting guna menyempurnakan penelitian yang berikutnya.

Dalam penelitian yang berkaitan dengan sastra, konsep penelitian yang sebelumnya membantu memberikan pemahaman terdahap kita yang akan melakukan analisis.

Misalnya ketika dalam karya sastra yang akan dianalisis ditemukan tokoh yang misterius atau aneh dan sulit untuk dimaknai, maka kita bisa mencari pemahaman tentang tokoh tersebut melalui penelitian-penelitian yang sebelumnya, yang mungkin saja sudah dibahas. Oleh karena itu kemudian kita bisa menarik fokus penelitian lebih dalam lagi.

Dari konsep penelitian yang telah dipelajari, kemudian kita bisa membuat konsep baru. Langkah membuat konsep penelitian sastra, yang pertama adalah menemukan dulu objek yang akan dikaji, misalnya novel.

Kemudian temukan masalah-masalah yang akan dikaji, misalnya inferioritas masyarakat Jawa dalam novel Para Priyayi, kemudian pilih teori yang cocok untuk ‘pisau’ analisis, misalnya teori hegemoni.

Konsep penelitian yang matang membuat hasil penelitian menjadi semakin tajam dan dalam. Karena konsep penelitian merupakan hasil rancangan dasar yang nantinya akan dikembangan menjadi sebuah penelitian, sehingga apabila konsep tersebut benar-benar matang, maka penelitian yang dilakukan tinggallah sebagai pembuktian dan realisasi konsep tersebut.

Demikianlah konsep penelitian menjadi sangat penting dalam sebuah penelitian. Konsep penelitian merupakan ruh dari penelitian tersebut, karena hakekat dari konsep ialah sesuatu yang abstrak, atau dalam semiologi dikenal sebagai petanda.

Namun, konsep-konsep baru yang akan dibuat haruslah tetap mempelajari konsep penelitian sebelumnya.

Selanjutnya : Alasan Kontroversi Miss World di Indonesia
Sebelumnya: Mengenal MMS dan Cara Setting Indosat MMS
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar