Konsep Surga dan Neraka Menurut Agama Hindu


Konsep surga dan neraka mendasari salah satu keimanan seseorang dalam memeluk sebuah agama. Termasuk dalam  agama Hindu. Banyak yang tidak mengetahui bahwa ternyata dalam agama Hindu juga ada surga dan neraka. Ya, selama ini Hindu lebih dikenal  dan diyakini dengan adanya kehidupan kembali setelah kematian atau biasa disebut dengan reinkarnasi. Bahkan banyak umat Hindu sendiri banyak yang mengganggap bahwa  surga dan neraka memang tidak ada. Hal ini karena agama Hindu memiliki konsep Panca Shrada atau lima keyakinan yang memercayai adanya reinkarnasi.

Surga dan neraka dalam agama Hindu sebenarnya ada. Sayangnya itu tidak dijadikan sebagai tujuan terakhir dalam kehidupan manusia. Karena tujuan akhirnya ialah adanya moksha, yakni  bersatunya jiwa manusia dengan Brahman atau sang pencipta. Jika memang dalam agama Hindu ada surga dan neraka lalu pertanyaan yang muncul adalah seperti apa wujudnya? Lalu untuk apa adanya surga dan neraka jika memang tujuan akhirnya bukan untuk masuk surga tapi moksha?

Dalam agama Hindu surga dan neraka digambarkan sebagai suatu dunia yang penuh dengan cahaya yang bersinar. Suatu masyarakat yang berisi orang-orang suci. Dunia yang penuh dengan kebaikan dan abadi. Di dalam kitab Weda juga disebutkan bahwa surga dan neraka merupakan tempat yang ada di dunia ini namun ia dibatasi oleh kematian. Sehingga bisa dikatakan bahwa surga dan neraka akan dapat ditemukan setelah adanya kematian. Surga dalam agama Hindu merupakan tempat persinggahan sementara yang penuh kesenangan. Namun kesenangan dan kebahagiaan sejati adalah adanya moksha. Bersatunya jiwa manusia (atman) dengan sang pencipta (brahman).

Dalam agama Hindu, neraka merupakan balasan yang akan diterima oleh manusia saat reinkarnasi. Berdasarkan perbuatan yang telah dilakukan saat di dunia dulu. Ada dua pilihan yakni reinkarnasi surga dan reinkarnasi neraka. Perbuatan saat kehidupan dahulu sangat berpengaruh terhadap kehidupan selanjutnya.

Reinkarnasi surga adalah proses kelahiran kembali dengan takdir yang lebih bagus daripada kehidupan yang sebelumnya. Sedangkan reinkarnasi neraka ialah apabila manusia dilahirkan kembali dengan keadaan atau takdir yang lebih buruk daripada kehidupan yang lalu. Misalnya saja adanya kelainan fisik saat dilahirkan.

Konsep surga dan neraka dalam agama Hindu mungkin berbeda dengan konsep dalam agama lainnya. Karena bagi umat Hindu kehidupan adalah sebuah rangkaian panjang yang memiliki hubungan dan terus menerus. Ia meyakini bahwa selalu ada kesempatan untuk melakukan perbaikan diri dalam setiap masa kehidupannya yang berlangsung beberapa kali. Hingga mencapai tujuan yang paling tinggi yakni adanya moksha.

Selanjutnya : Kelebihan dari Hasil Lelang Barang Jaminan
Sebelumnya: Cara Menyimpan Update Terbaru AVG
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar