Konsumsi Bahan Bakar CBR 150 New

Anda dapat menjadi seseorang yang sedikit bingung dalam menentukan konsumsi bahan bakar CBR 150 new. Motor tangguh keluaran Honda ini memang memiliki beberapa catatan khusus, tak terkecuali tentang pengisian BBM. Kendala terbesar dalam urusan pengisian bahan bakar motor ini adalah mesin CBR-nya. Mesin tersebut hanya bisa menggunakan bahan bakar yang mempunyai kadar oktan 92 atau di atasnya. Bahan bakar tersebut adalah pertamax. Jika seorang pengendara Honda CBR 150 New menggunakan bahan bakar lain dengan kadar oktan di bawah ketentuan tersebut, yaitu premium, maka yang terjadi adalah motot akan menghasilkan tenaga yang tidak maksimal.

Nah, mengapa pengisian bahan bakar menjadi kendala? Hal tersebut karena  tidak semua tempat pengisian bahan bakar mempunyai pertamax. Masalah akan muncul jika kita berkendara keluar daerah dan menemui bahan bakar habis. Maka, pemilik Honda CBR 150R New harus pandai-pandai mempersiapkan kendaraan jika ingin bepergian jauh.

Loading...

Bagaimana jika kemudian, kita memilih premium saja yang lebih mudah didapatkan di jalan daripada pertamax? Bukannya tidak ada kendala. Memaksakan motor untuk menggunakan bahan bakar tersebut bisa berefek pada sistem pembakaran motor. Dengan pertamax, pembakaran Honda CBR 150R sangat ideal. Kompresi (tekanan pada tangki) untuk CBR 150R adalah 11:1, berbanding cukup jauh dengan motor lain yang mungkin saja bisa 30:1. Jika kita memilih premium, maka akan terjadi sisa pembakaran yang menghasilkan kerak di ruang pembakaran. Akibatnya, keadaan motor menjadi turun dan mesin tidak akan awet. Selain itu, konsumsi BBM akan lebih boros. Bahkan, dalam rentang waktu tertentu, ada kemungkinan piston menjadi jebol.

Motor yang secara teknis kurang cocok jika digunakan di daerah perkotaan karena putaran mesinnya yang rendah ini, memang bisa dikatakan terkesan ”eksklusif”’ bagi mereka yang lebih suka irit dalam pengeluaran bahan bakar. Namun, dari berbagai sumber, CBR 150R bisa menghemat BBM, karena untuk 1 liter pertamax, ada rentangan penggunaan hingga 50-an kilometer. Nah, sudah terjawabkah rasa penasaran Anda terhadap konsumsi bahan bakar CBR 150 New? Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Cara Langsung Webcame Trus Masuk ke Youtube
Sebelumnya: Cara Menggunakan Camfrog
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar