Kopling Motor Mega Pro Bermasalah? Ini Solusinya!


Sangat tidak menyenangkan jika motor New Mega Pro yang baru kita beli mengalami masalah, apalagi baru digunakan beberapa bulan. Biasanya kerusakan ada pada kopling motor Mega Pro. Kopling yang rusak dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat mengendarainya, juga berakibat pemborosan pada bensin. Adakah solusinya?

Ada beberapa hal yang membuat kopling motor bermasalah. Terutama cara kita dalam memperlakukan motor. Misalnya, kebiasaan kita yang jarang memindahkan gigi ke posisi netral, terlambat mengganti oli, sering selip kopling, dan sebagainya. Hasilnya, mesin sudah meraung-raung, tapi motor tidak juga mau melaju kencang.

Kerusakan bagian kopling sendiri bisa terjadi karena dua hal,yaitu kampas koplingnya yang hangus, atau rumah kopling yang aus. Untuk memperbaikinya bisa menghabiskan dana yang cukup besar, sekitar setengah juta.

Masalah lain pun bermunculan, mengingat kampas kopling New Mega Pro harga di atas rata-rata karena perbedaan jumlah fisik kampas kopling tersebut dibanding motor yang lain. Mega Pro memiliki dua macam disk, disk pertama yang berisi 1 biji kampas kopling dan disk kedua berisi empat biji. Harganya berkisar Rp 110.000.

Sedangkan jika harus mengganti, kita harus mengeluarkan uang Rp 250.000,00 untuk membeli lima biji kampas kopling dalam dua disk, disk pertama berisi 2 biji dan disk kedua berisi 3 biji kampas kopling. Harga yang besar tersebut mungkin akan membuat kita berpikir ulang. Maka cara untuk menghemat ongkos adalah memakai kampas kopling Tiger, Supra X, atau Mega Pro lama, karena kampas kopling motor-motor ini sama dengan New Mega Pro.

Kemudian, untuk mencegah agar kampas kopling motor kesayangan kita tidak rusak lagi, kita bisa mengganti per koplingnya dengan yang lebih keras dibandingkan per bawaan New Mega Pro tersebut. Dengan cara ini, per baru tersebut dapat lebih kuat menekan kampas kopling.

Kemungkinan lain, dengan per baru tadi, kopling akan lebnih keras. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanjangkan stut kopling. Dengan cara ini, masalah kopling teratasi, dan Anda tidak perlu mengeluarkan uang terlalu besar. Mudah bukan tips menangani masalah kopling motor Mega Pro?

Selanjutnya : Cara Mengunduh Koran Fajar Hari Ini
Sebelumnya: Membuat Pidato Basa Sunda tentang Pernikahan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar