Korupsi Kolusi Nepotisme Pengertian


Di era saat ini, banyak ditemukan pejabat publik yang melakukan tindakan korupsi, kolusi, dan juga nepotisme. Hal ini patut disayangkan karena tindakan ini telah mengesampingkan kepentingan rakyat dan lebih mengedepankan kepentingan diri sendiri. Perlu diketahui bagaimana korupsi kolusi nepotisme pengertian.

Pengertian Korupsi

Kata korupsi berasal dari bahasa latin, yaitu Corruptio atau dengan kata kerjanya, yaitu Cirrumpere yang memiliki makna rusak, busuk, menyogok, menggoyahkan atau memutar balik. Dari ini dapat diambil pengertian korupsi adalah kegiatan melanggar hukum dengan menyalahgunakan wewenang, jabatan, kedudukan, kekuasaan, atau sarana yang sedang dimiliki oleh satu pejabat publik ataupun politisi untuk membuat dirinya memperoleh keuntungan secara keuangan.

Bentuk lain dari korupsi ini adalah melakukan penerimaan hadiah dari pihak lain yang dimaksudkan untuk kepentingan dari pihak lain tersebut, penerimaan gratifikasi bagi aparat penyelenggara negara. Mungkin juga mengadakan penggelapan ataupun pemerasan jabatan atau memangkas uang yang akan diberikan kepada rakyat untuk diambil sebagian demi kepentingan diri sendiri.

Banyak sekali bentuk korupsi yang dilakukan oleh pejabat di negara ini. Bahkan, dapat dikatakan bahwa korupsi ini telah menjadi sebuah budaya yang telah mendarah daging sampai ke akar dari setiap instansi yang ada di struktur pemerintahan Indonesia. Para pejabat hanya memikirkan bagaimana untuk mendapatkan keuntungan material dari jabatan kekuasaan yang dimilikinya dengan mengesampingkan kepentingan dari rakyat.

Kolusi

Kolusi adalah bentuk penyuapan yang dilakukan oleh pihak perusahaan yang sedang terkait dalam sebuah persaingan industri. Kemudian, perusahaan ini memberikan sejumlah imbalan, tentu saja dalam bentuk materi, kepada pihak yang memiliki wewenang untuk memberikan keputusan dalam persaingan ini.

Hal ini dilakukan semata juga untuk kepentingan dari perusahaan itu sendiri. Pejabat yang menerima uang hasil kolusi inipun juga hanya mementingkan kepentingan pribadinya saja.

Nepotisme

Sedangkan yang dimaksud dengan tindakan nepotisme adalah tindakan mengambil saudara atau kerabat dekat untuk menjadi bagian dari struktur yang menjadi ruang lingkup kekuasaannya. Hal ini didasarkan hanya pada sebatas kedekatan saja bukan karena kemampuan dan kompetensi yang dimiliki oleh saudara ini.

Nepotisme hanya akan membentuk sebuah struktur pemerintahan yang akan dipenuhi oleh sebuah dinasti keluarga. Inilah yang saat ini mulai dibangun oleh beberapa kalangan pejabat.

Inilah korupsi kolusi nepotisme pengertian. Tiga hal ini yaitu korupsi, kolusi dan nepotisme adalah tiga hal yang begitu mudah untuk ditemukan di Indonesia. Hal ini semakin menunjukan bagaimana mundurnya tingkat kepedulian kepada rakyat.

Selanjutnya : Sayur dan Buah yang Bagus untuk Kulit
Sebelumnya: Contoh Studi Kasus Mengenai Aspek Hukum dalam Bisnis Bidang Perbankan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar