Di mana Kota Tempat Nabi Ibrahim Lahir?

Kisah Nabi Ibrahim

Salah satu nabi yang mendapatkan keistimewaan di depan Allah SWT adalah Ibrahim. Nabi yang merupakan keuturunan dari Nuh ini memiliki dua anak yang juga menjadi nabi yaitu Ismail dan Ishaq.

Kehidupan Nabi Ibrahim sangat menginspirasi terutama dengan kisah suci yang menjadi cikal bakal lahirnya peristiwa kurban (Idul Adha). Ibrahim sendiri lahir pada 2510 SH (sebelum Hijriyah).

Sayangnya sampai saat ini belum ada kejelasan pasti kota tempat Nabi Ibrahim lahir. Beberapa sumber mengacu pada beberapa tempat sehingga menimbulkan perdebatan.

Nabi Ibrahim sendiri adalah nabi yang hidup pada masa yang sama dengan Nabi Luth. Wilayah mereka pun cukup berdekatan. Nabi Luth sendiri merupakan keponakan Nabi Ibrahim. Kedua nabi tersebut berada di kawasan Mesopotamia bagian Tengah dan Timur Anatolia.

Orang-orang di daerah ini banyak yang memuja matahari. Ibrahim dan Luth tentunya menolak ajaran ini karena mereka lebih percaya pada ajarah Allah SWT. Karena hal ini kedua nabi ini pernah hijrah ke Mesir dan Palestina dan tinggal beberapa lama.

Jika menilik cerita tersebut, ada kemungkinan kota tempat lahir nabi Ibrahmi berada di Mesopotamia yang sekarang dikenal sebaga Republik Irak. Namun sumber lain yang lebih mendetail tentang tempat lahir Nabi Ibrahim adalah berdasarkan perjanjian lama.

Meski beberapa isinya belum bisa dipertangungjawabkan sepenuhnya, namun ada info penting yang dapat dijadikan rujukan dalam menelusuri sejarah Nabi Ibrahim. Disebutkan dalam perjanjian lama bahwa kota kelahiran Ibrahmi adalah Ur yang berada di daratan Mesopotamia wilayah Tenggara.

Pada perkembangannya, ilmuwan Islam berpendapat bahwa daerah tempat Nabi Ibrahim lahir adalah Urfa-Harran. Daerah ini berada di kawasan Turki yang cukup memiliki jarak dengan daerah Mesopotamia.

Para peneliti perjanjian lama pun meneliti teori tersebut lebih lanjut. Akhirnya dikemukakan oleh mereka bahwa kota “Ur” tidak bisa dijadikan acuan mengingat beberapa nama yang sudah memiliki perubahan nama.

Perbincangan tentang kota tempat Nabi Ibrahim lahir memang masih menjadi bahan kajian lebih lanjut. Namun para peneliti Islam tetap meyakini bahwa Urfa adalah tempat lahir Nabi Ibrahim.

Mengingat Urfa sering kali disebut sebagai “kota para nabi”. Pembuktian teori ini juga diperkuat dengan adanya cerita tentang Nabi Ibrahim di kota ini.

Selanjutnya : Sistematika Penulisan Proposal yang Benar untuk Penelitian
Sebelumnya: Mengenal Jurnal tentang Ekonomi Syariah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...