Kekhusyukan Kotbah Jumat Zaman Dahulu

Tahukah Anda tentang kotbah Jumat zaman dahulu? Bagi Anda yang memeluk agama Islam, tentunya tidak akan merasa asing dengan istilah kotbah. Seorang laki-laki yang  memeluk agama Islam wajib untuk menunaikan ibadah sholat Jumat.

Pengertian Kotbah

Kotbah merupakan suatu perkataan yang diucapkan oleh khatib, yang mengandung tausiyah dan maui’dah hasanah. Isi dari kotbah berupa tuntutan agama sesuai dengan syarat menurut syara’.

Kotbah merupakan rukun dari shalat Jumat. Oleh karena itu, para laki-laki yang wajib melaksanakan shalat Jumat sebaiknya mendengarkan dengan saksama khotib yang sedang berkotbah.

Kotbah Jumat dilaksanakan ketika akan melaksanakan shalat Jumat. Waktu yang paling tepat digunakan untuk melaksanakan kotbah Jumat, yaitu ketika siang hari, hampir sama saat akan  menunaikan shalat Zuhur.

Berkotbah dilaksanakan sebanyak dua kali. Kotbah pertama dilakukan sebelum menunaikan shalat Jumat, sedangkan di antara kotbah pertama dan ke dua harus duduk sebentar untuk membaca QS. Al-Ikhlas atau shalawat yang dituntun oleh khatib.

Seorang jamaah shalat Jumat, ketika sedang melakukan kotbah, sangat diharamkan untuk berbicara. Sebaiknya, jamaah mendengarkan dengan khusyuk dan meresapi dalam-dalam isi khotbah, agar mendapatkan pahala dan diterima ibadahnya.

Kotbah Zaman Dulu

Kotbah sekarang maupun zaman dulu, kalau dilihat dari segi rukun kotbah, syarat kotbah jumat, dan caranya, semua sama. Akan tetapi, kotbah pada zaman dulu lebih khusyuk, dan banyak orang yang ingin lebih mendalami lagi tentang makna dari penyampaian agama melalui kotbah Jumat.

Saat ini memang banyak sekali kejadian-kejadian yang sangat luar biasa, banyak sekali orang yang tega terhadap keluarganya, atau sebut saja dengan kekerasan dalam rumah tangga.

Hal ini menandakan bahwa pada generasi sekarang, keimanan terhadap agama sangat berkurang jika dibandingkan dengan orang zaman dulu. Seharusnya, kotbah Jumat yang wajib diadakan sebelum sholat Jumat itu diresapi dengan baik.

Jangan hanya untuk mendengarkan saja tanpa ingin berubah lebih baik. Kotbah Jumat yang dilaksanakan sebelum sholat Jumat mengandung banyak sekali nilai agama yang tersampaikan. Oleh karena itu, sebaiknya ketika mendengarkan kotbah Jumat dilakukan dengan benar-benar khusyuk.

Demikian informasi yang berkaitan dengan kotbah Jumat zaman dahulu. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, terima kasih.

Selanjutnya : Inilah Nama Asli Sultan Hasanudin Banten
Sebelumnya: Hang Tuah, Cerita Melayu Asli Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

loading