Aneka Kreasi dari Kertas Origami


Kreasi dari kertas origami adalah kreasi melipat kertas yang awalnya ada di dalam kebudayaan Jepang. Tetapi, sekarang origami tidak hanya dikenal di Jepang, melainkan sudah terkenal seantero dunia. Saat ini, seni lipat kertas Origami ini pun disukai oleh banyak orang di luar dari Jepang sendiri. Origami itu sendiri banyak disukai karena selain bisa dipelajari dan dapat menjadi kegiatan pengisi waktu luang, juga ragam bentuknya yang variatif dan artistik, sangat cocok untuk menjadi pelengkap interior ruangan.

Untuk membuat origami memang membutuhkan kertas tersendiri atau yang dikenal dengan sebutan kertas origami. Namun, sejatinya dengan menggunakan berbagai kertas apapun yang bisa dilipat maka seni origami ini bisa untuk diciptakan.

Ada banyak sekali ragam dari hasil lipatan seni origami. Mulai dari yang sederhana dan juga sampai yang begitu rumit dan susah untuk membuatnya. Berikut ini dua hasil kreasi dari kertas origami yang sederhana.

Origami Bentuk Anjing

Dapat dikatakan bahwa hasil origami bentuk anjing ini adalah bentuk yang sangat sederhana untuk dibuat atau diciptakan. Oleh karenanya, kita dapat untuk mengajak anak-anak untuk membuat bentuk ini. kemudian, hasilnya dapat untuk dibuat bermain bersama.

Cara membuat bentuk anjing amatlah mudah. Pertama kali yang harus disiapkan adalah kertas origami yang berbentuk persegi atau bujur sangkar. Kemudian, kertas dilipat pada bagian tengahnya sehingga kertas akan berbentuk segitiga sama kaki.

Lalu, kertas dibalik ke bagian atas sehingga menjadi segitiga terbalik. Pada dua dari ujung kaki segitiga yang ada di atas dilipa ke bagian bawah sehingga menjadi telinga. Sedangkan titik sudut yang ada di bagian tengah sedikit dilipat ke arah dalam untuk menjadi mulut. Dengan demikian, bentuk kreasi anjing dari kertas origami sudah tercipta.

Origami Bentuk Kucing

Cara awal untuk membuat bentuk kucing ini adalah dengan melipat kertas persegi menjadi segitiga sama kaki. Kemudian, dilipat ke bagian dalam membentuk segitiga siku-siku, namun kemudian dibuka lagi.

Pada bekas lipatan dibuat lipatan pada bagian sudut atas. Sedangkan untuk kedua sisi yang ada di samping juga dilipat ke bagian dalam mendekati bagian sudut atas tersebut. Lalu, bagian bawah kertas juga dilipat sedikit untuk menciptakan mulut kucingnya. Begitu kertas dibalik, terciptalah bentuk kucing yang lucu.

Inilah dua dari banyaknya aneka ragam kreasi dari kertas origami yang dapat dibuat untuk mengisi waktu luang atau untuk mengajari anak-anak seni melipat kertas.

Selanjutnya : Ingin Menjadi Penunggang Kuda Profesional? Baca Dulu Persyaratannya!
Sebelumnya: Kelebihan Download Film Indonesia Baru
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar