Ide-ide Produk Kreativitas dari Limbah Plastik


Limbah plastik merupakan limbah yang sulit untuk diurai. Limbah plastik ini akan terurai dalam waktu yang sangat lama. Limbah plastik seperti ini jika dibiarkan akan semakin menumpuk dan dapat mengakibatkan banjir.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisasi penumpukan sampah plastik adalah dengan membuat krativitas dari limbah plastik.

Ragam Kreasi dari Limbah

Limbah plastik ini jika diberi sentuhan kreativitas akan menjadi sebuah produk dengan nilai estetik dan ekonomis yang tinggi. Ada berbagai benda yang dapat Anda buat dari limbah plastik ini. Berikut contoh limbah beserta produk yang dapat dihasilkan.

• Kreativitas Limbah Kemasan Minuman

Limbah kemasan minuman ini dibagi menjadi dua jenis yaitu botol dan cup atau gelas. Dari limbah kemasan minuman gelas, Anda dapat membuat produk bingkai foto, tempat pensil, hiasan meja, hiasan dinding, dan sebagainya.

Sedangkan dari limbah botol minuman Anda dapat membuat produk tempat uang koin, kap lampu hias, vas bunga, tempat pensil, dan lainnya.

• Kreativitas Limbah Plastik Kemasan

Limbah plastik kemasan yang bisa dijadikan sebuah produk umumnya adalah plastik kemasan yang tebal dan kuat seperti kemasan kecap isi ulang, kopi, pembersih lantai, pewangi pakaian, susu kental manis, dan sebagainya.

Untuk membuat sebuah produk, kemasan-kemasan plastik ini biasanya akan dijahit satu persatu sehingga menjadi sebuah produk yang diinginkan. Bisa juga dilem dengan menggunakan lem khusus.

Produk yang bisa Anda hasilkan bisa berupa aneka tas, topi, taplak meja, celemek, dompet, atau hiasan rumah lainnya.

• Kreativitas Limbah CD Bekas

CD bekas yang sudah rusak atau sudah tidak dipakai lagi tentu akan menjadi tumpukan sampah. Daripada dibiarkan menumpuk tak keruan, lebih baik CD-CD bekas tersebut dibuat menjadi sebuah produk bernilai ekonomis tinggi, misalnya mozaik CD.

Mozaik ini bisa Anda tempel pada pot bunga, tempat pensil, atau wadah-wadah lainnya untuk mempercantik tampilan.

Sebenarnya ide-ide kreativitas limbah ini sangat banyak, tergantung pada kreativitas Anda. Kreativitas ini juga dapat dipadupadankan dengan kreativitas limbah lain seperti limbah kain, styrofoam, dan sebagainya.

Itulah beberapa ide produk kreativitas dari limbah plastik. Dengan mendaur ulang limbah ini diharapkan sampah plastik akan semakin berkurang. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Fungsi Umum Macam-macam Sayuran
Sebelumnya: Macam-macam Power Ranger dan Tahun Tayangnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar