Kreativitas Membuat Figura dari Kardus Bekas


Kreativitas membuat figura dari kardus bekas merupakan sebuah karya seni yang memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai. Mesikpun kardus tidak memiliki ketahanan dan kualitas yang sama dengan kayu atau plastik, akan tetapi figura dari kardus dapat digunakan sebagai alternatif.

Untuk membuat figura lebih cantik, Anda bisa menghiasnya dengan menambahkan beberapa ornamen sesuai dengan keinginan. Anak kecil juga akan menyukai kegiatan membuat figura dari kardus bekas ini karena mereka teribat secara langsung untuk membentuknya.

Langkah Membuat Figura dari Kardus Bekas

Langkah 1

Ukur foto yang ingin dibuat figura, tambahkan 5 sampai 6 sentimeter masing-masing sisinya. Contoh, jika foto Anda berukuran 20 x 25 cm, tambahkan 6 cm masing-masing sisinya, hingga bagian luar dari figura foto ini akan memiliki ukuran 26 x 31 cm. Ukuran ini tidak mengikat, Anda bisa menyesuaikan dengan keinginan.

Langkah 2

Potong dua belah kardus ini hingga ukurannya sama dengan yang sudah ditentukan.

Langkah 3

Gunakan penggaris dan pensil untuk mengukur dan menandai bagian tengah dari salah satu bagian kardus untuk membuat frame. Buatlah ruang ini kira-kira ukurannya ¼ dari lebar dan tinggi foto Anda.

Langkah 4

Potong bentuk dari tengah kardus dengan pisau potong.

Langkah 5

Letakan potongan kardus pada permukaan datar, sekarang Anda bisa menghias salah satu bagiannya. Gunakan spidol, perangko, cat, krayon, dan glitter untuk membuat desain yang menyenangkan. Biarkan lem atau cat hingga benar-benar kering.

Langkah 6

Tentukan ujung bagian atas dan bagian bawah figura.

Langkah 7

Tempatkan bagian kardus yang sudah dihias tadi menghadap ke bawah. Gunakan penggaris dan pensil untuk menandai tiga garis mengelilingi area potong, satu di setiap sisi dan satu di bagian bawah.

Langkah 8

Buat garis tipis lem pada bagian luar (jauh dari tanda) garis pensil yang Anda gambar tadi. Juga tempatkan garis tipis lem di sepanjang ujung sisi dan bawah kardus.

Langkah 9

Letakkan potongan kardus lainnya pada bagian atas kardus yang diletakkan tadi. Tempatkan secara presisi. Tekan kedua potongan kardus tersebut dan usap permukaan untuk meratakannya. Biarkan lem hingga menempel dan kering.

Langkah 10

Bubuhkan lingkaran kecil pita di bagian belakang figura dengan menggunakan lem untuk membuat gantungan. Anda juga bisa menambahkan perekat magnet strip pada bagian belakang frame untuk membuat magnet kulkas.

Langkah 11

Masukkan foto ke dalam figura dari bagian atas. Hingga terbentuk kreativitas membuat figura dari kardus yang cantik.

Bagaimana mudah bukan, kreativitas membuat figura dari kardus bekas ini bisa Anda lakukan sendiri atau bersama dengan teman, saudara, atau buah hati Anda. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Pelajaran Linguistik Perubahan Makna Asosiasi
Sebelumnya: Logo Team Sepak Bola, Sebuah Identitas Semata?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar