Kriya Dayak Punan

Kriya Dayak Punan adalah salah satu keragaman yang ada di Indonesia yakni suatu hasil kerajinan daripada Suku Dayak, yakni suku yang ada di Kalimantan  ini. Memang suku-suku yang ada di Kalimantan  memilki keunikan tersendiri. Selain karena adat dan tradisi tiap suku di Indonesia yang memang beragam, mereka pula lantas banyak menghasilan berbagai budaya yang menarik pula dengan berbagai inovasi sebagai peninggalan daripada tradisi terus menerus dari nenek moyang mereka.

Oleh karenanya banyak kemudian orang menilai bahwa Indonesia memiliki sejuta kreasi yang dihasilkan dari berbagai suku yang ada di Indonesia. Suku-suku inilah yang mewarnai Indonesia menjadi negara yang Bhineka Tunggal Ika, yakni berbeda-beda tetapi tetap bersatu juga.

Apa Itu Kriya?

Dalam bagian ini penulis akan memaparkan tentang pengertian daripada kriya. Dimana kriya dapat diartikan sebagai pekerjaan, atau dapat pula diartikan sebagai pekerjaan yang berupa kerajinan tangan. Tampaknya pengertian yang kedua akan sangat pas bila merujuk kepada judul artikel ini.

Sementara untuk kata Dayak Punan, tentu ada tahu bahwa suku itu adalah semacam orang yang mendiami suatu pulau dengan ciri khasnya, kalau Suku Dayak Punan sendiri adalah suku yang bersal dari Kalimantan Timur, tepatnya di daerah Kutai Kertanegara. Yakni suatu daerah Kabupaten di Indonesia dengan pendapatan daerah yang paling tinggi pada daerah tingkat dua yakni kabupaten.

Kriya Suku Dayak  Punan

Adapun pada bagian ini penulis akan menyebutkan beberapa hasil daripada kerajinan Suku Dayak Punan yang memang menjadi output penghasilan. Selain itu juga menjadi ciri khas mereka yang dapat kita temukan ketika mengunjungi mereka di Kalimantan Timut yakni di Kutai Kartanegara.

Kerajinan juga sebagai ciri khas daripada daerah tersebut yang sekaligus kalau kita berkunjung kesana kita dapat menjadikannya oleh-oleh. Sekaligus menandakan bahwa kita baru mendatangi daerah yang dihuni oleh Suku Dayak Punan tersebut.

Untuk saat ini memang agak sulit menemukan Suku Dayak Punan tersebut karena kehidupan mereka diwarnai oleh berpindah-pindah atau nomaden. Namun untuk saat ini banyak daripada suku ini yang telah berpikir modern sehingga mereka sudah hidup berbaur dengan masyarakat lainnya dan tidak nomaden lagi.

Adapun  kerajinan atau kriya Dayak  Punan  adalah karena mereka berasal dari hutan yakni diwarnai dengan rotan ataupun jenis-jenis kayu, biasanya dari rotan mereka dapat membuat kursi atau topi. Menarik bukan untuk dijadikan oleh-oleh.

Demikanlah pembahasan tentang kriya Dayak Punan yang dapat kita jadikan acuan ketika mengunjungi suku ini di Kalimantan. Sehingga hasil karya dan kerajinan mereka dapat kita jadikan koleksi berharga di rumah dan oleh-oleh buat sanak keluarga.

Loading...
Selanjutnya : Corak dan Motif Batik Modern
Sebelumnya: Cara Memakai Kaos Kaki di Atas Lutut
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar