Berikut Contoh Pembuatan Kuesioner Kepuasan Pelanggan


Setiap perusahaan perlu meningkatkan kualitas produknya dari waktu ke waktu untuk meningkatkan jumlah konsumen yang menggunakan produk tersebut. Peningkatan kualitas tersebut diperlukan agar produk yang dihasilkan dapat bersaing dengan produk lain yang sejenis di pasaran.

Cara untuk dapat melihat perkembangan kualitas produk dilakukan setiap perusahaan dengan mengetahui tingkat kepuasaan konsumen terhadap produk yang dihasilkan, baik berupa barang maupun jasa. Salah satu cara yang sering digunakan untuk mengukur kepuasan adalah dengan menggunakan kuesioner kepuasan pelanggan. 

Melalui kuesioner ini, pihak perusahaan dapat menilai sekaligus menyurvei tingkat kepuasan pelanggan terhadap barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan tersebut. Hasilnya dapat dijadikan bahan evaluasi kualitas perusahaan dan memperbaiki kualitas produk yang dihasilkan. Survei ini juga efektif untuk menjaga agar pelanggan yang telah dimiliki perusahaan tetap setia menggunakan produk yang dikeluarkan perusahaan tersebut dan tidak beralih ke produk lain.

Contohnya, kuesioner yang dikeluarkan oleh sebuah rumah sakit. Kuesioner dibuat untuk dapat melihat tingkat kepuasan konsumen terhadap seluruh pelayanan yang ada di rumah sakit tersebut. Berikut contoh formatnya.

A. Identitas Responden

Nama :
Umur :
Pekerjaan :
Jenis Kelamin :
Alamat :

B. Kuesioner mengenai tingkat kepuasan pelanggan RS Mawar

Isi kuesioner berikut dengan memberikan tanda silang pada jawaban yang paling sesuai dengan pilihan Anda. Jawaban terdiri atas SP (sangat puas), P (puas), CP (cukup puas), TP (tidak puas), dan STP (sangat tidak puas).

1. Kecepatan pelayanan dokter : ( ) SP ( ) P ( ) CP ( ) TP ( ) STP

2. Kecepatan pelayanan perawat : ( ) SP ( ) P ( ) CP ( ) TP ( ) STP

3. Keramahan dokter : ( ) SP ( ) P ( ) CP ( ) TP ( ) STP

4. Keramahan perawat : ( ) SP ( ) P ( ) CP ( ) TP ( ) STP

5. Kebersihan rumah sakit : ( ) SP ( ) P ( ) CP ( ) TP ( ) STP

Demikian informasi tentang contoh kuesioner kepuasan pelanggan yang biasa dibuat oleh perusahaan untuk menilai tingkat kepuasaan konsumen. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi pembaca.

Selanjutnya : Penyakit Kulit pada Alat Kelamin Laki-laki
Sebelumnya: Perkembangan Industri di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar