Kuliah di Universitas Al Azhar Mesir


Kuliah di Universitas Al Azhar Mesir membuka kesempatan mahasiswa Islam dari berbagai penjuru dunia untuk menimba ilmu keislaman. Universitas Al Azhar sendiri adalah universitas Islam tertua yang telah banyak melahirkan ulama dan ilmuwan Islam terkenal.

Hingga kini, minat masyarakat Indonesia terus melonjak walaupun Negara Mesir sedang mengalami krisis. Berikut uraian informasi singkat seputar perkuliahan di Universitas Al Azhar Mesir.

Fakultas di Universitas Al Azhar

Fakultas di Al Azhar terdiri dari Fakultas Usluhuddin, Fakultas Syariah wal-Qanun, Fakultas Lughah Al-‘Arabiyyah, Fakultas Dirasat Islamiyyah wal-Arabiyyah, dan Fakultas Dakwah Islamiyyah. Fakultas Usluhuddin memberi pembelajaran pada pemahaman murni tentang ajaran agama Islam secara falsafah, mantiq, dan dasar-dasar keislaman.

Para mahasiswa di fakultas ini akan memilih salah satu jurusan di tahun ketiga seperti Jurusan Ulum at-Tafsir, Jurusan Ulum al-Hadist, Jurusan Aqidah Filsafat, serta Jurusan Dakwah wa ats-Tsaqofah. Sedangkan Fakultas Syariah wal-Qanun mendalami masalah fikih dan hukum-hukum internasional terutama hukum positif Negara Mesir yang bersumber dari Perancis. Jurusan yang ada di fakultas ini terdiri dari Syariah Islamiyyah serta Syariah wal-Qanun.

Untuk Fakultas Lughah al-‘Arabiyyah, para mahasiswa akan diperkenalkan pada kebudayaan Arab dan sastranya yang tinggi. Pemahaman dasar-dasar bahasa Arab wajib dimiliki setiap mahasiswa di fakultas ini. Adapun jurusannya terdiri dari Lughah al-Arabiyyah wa al-Adab, Tsaqofah wa al-Hadharah, dan Shahafah wa al-‘i lam.

Di fakultas lain seperti Fakultas Dirasat Islamiyyah wal-Arabiyyah, mahasiswa akan mendalami studi keislaman dan Arab secara umum. Selain itu, mahasiswa akan memperoleh semua pelajaran yang diajarkan di fakultas lain.

Terakhir, Fakultas Dakwah Islamiyyah. Fakultas ini mengajarkan materi mendasar dakwah dan teknik para juru dakwah. Materi-materi dakwah yang dipelajari berupa dakwah rasul, syariah dan ushul, hadist, serta tafsir.

Biaya Perkuliahan di Universitas Al Azhar

Biaya perkuliahan di Universitas Al Azhar adalah gratis. Tak hanya itu, penerima beasiswa akan memperoleh fasilitas lain yang disediakan pihak universitas. Saat ini, menurut data KBRI jumlah mahasiswa Indonesia yang tersebar di Mesir semakin meningkat. Terdiri dari pelajar, mahasiswa S1, S2, dan S3.

Sebenarnya, mahasiswa Indonesia di Mesir terbagi menjadi dua. Pertama, penerima beasiswa yang dibiayai sepenuhnya oleh pihak Depag. Mahasiswa ini tinggal di asrama dengan mahasiswa dari negara lain.

Fasilitas seperti tiket, asrama, buku, uang saku, dan makan sudah disiapkan oleh pihak Al Azhar. Kedua adalah mahasiswa yang menggunakan biaya sendiri. Semua kebutuhan hidup ditanggung sendiri dan Al Azhar hanya membantu biaya kuliah yang gratis.

Informasi di atas diharapkan menjadi acuan Anda saat melanjutkan kuliah di Universitas Al Azhar Mesir. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Tata Cara Sholat Dhuha
Sebelumnya: Kuda Kawin dengan Manusia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar