Kultum tentang Keistimewaan Wanita dalam Islam


Dalam artikel ini, masalah yang akan dibahas adalah kultum tentang keistimewaan wanita. Kultum adalah kuliah tujuh menit yang biasanya dapat kita lihat di televisi dan ditayangkan sebelum azan magrib, terutama dalam bulan puasa. Kultum kali ini berjudul ”Keistimewaan Wanita Islam”. Kultum tentang keistimewaan wanita dalam Islam.

Kultum tentang Keistimewaan Wanita

Dalam kitab Riyadhus Shalihin, ada hadits dari Abu Hurairah RA berkata, Rasullulah SAW bersabda:

wasiat

Ada banyak hal yang menjadikan seorang wanita itu istimewa. Di dalam Alquran pun, terdapat surat Alquran yang menerangkan tentang wanita, yaitu Surat An-nisa yang artinya wanita atau perempuan. Selain itu, dalam surat An-nisa juga diterangkan, bahwa jumlah wanita lebih banyak dari pada jumlah laki-laki yaitu 4:1.

Seorang wanita juga tiang negara. Apabila di negara terdapat kaum wanita yang baik atau solehah maka akan baik pula negara itu. Sebaliknya, apabila dalam suatu negara kaum wanitanya jelek tidak mempunyai akhlak, maka negara itu akan dekat dengan kehancuran. Kaum yang tinggal di negara sangat mempengaruhi keadaan suatu negara.

Kaum wanita diibaratkan sebuah batu bara, karena seorang wanita adalah pembangun generasi muda. Jika seorang wanita baik, maka akan melahirkan generasi yang baik pula. Apabila wanita itu tidak baik maka akan melahirkan generasi yang tidak baik pula.

Di bumi ini, tidak ada agama selain agama Islam yang memperhatikan dan peduli terhadap kaum wanita. Dalam agama Islam, seorang wanita sangat dijunjung tinggi harkat dan martabatnya, sejak dia lahir hingga kembali ke alam. Kaum wanita menjadi kaum yang harus selalu menjaga keberadaannya termasuk sikap dan sifatnya.

Nah, sekarang tahu kan betapa istimewanya seorang wanita dalam Islam. Untuk itu, hargailah setiap wanita di dunia ini, terutama ibu. Orang yang berjasa telah melahirkan ke dunia ini.

Demikianlah kultum tentang keistimewaan wanita yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan kita semua. Bagi kaum wanita, hargailah dirimu dan jauhkanlah dari perbuatan-perbuatan yang keji. Bagi kaum laki-laki hormatilah seorang wanita, karena kamu dilahirkan oleh kaum wanita.

Selanjutnya : Nama Imut Jepang Para Artis Indonesia
Sebelumnya: Permainan Barbie Berganti Pakaian
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar