Contoh Kultum Tentang Makanan dan Minuman yang Halal


Kultum tentang makanan dan minuman yang halal penting untuk kita ketahui. Karena bisa jadi, dalam kehidupan kita sehari-hari belum mengetahuinya. Kultum bisa kita dapatkan, baik dalam ceramah singkat di masjid-masjid maupun di televisi.

Tempat-tempat kultum pada awalnya bertempat di masjid maupun mushola. Namun pada perkembangannya di masa sekarang, kultum bahkan diadakan di kantor-kantor maunpun instansi sudah biasa kita lihat sebagai pembuka, terutama sebelum dimulainya kerja. Berikut ini adalah contoh kultum yang memuat tentang makanan dan minuman yang halal.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saudara-saudaraku, berbicara tentang jenis makanan halal ini bisa kita lihat pada sayur mayur, buah-buahan, biji-bijian, dan jenis daging atau ikan. Manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi makanan yang halal adalah tubuh lebih terpelihara. Sehingga, kita mudah beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari.  Allah merestui kita dalam setiap perjalanan hidup kita, jika kita mempunyai akhlak yang baik.

Islam sangat peduli pada kesehatan umatnya. Oleh karena itu, terdapat pembagian boleh atau tidaknya suatu makanan ataupun minuman untuk kita konsumsi. Karena semua itu bisa berpengaruh pada fisik kita. Oleh karena itu, hal ini mendapat perhatian yang serius dalam Islam. 

Kita pun harus mengetahui jenis-jenis makanan yang haram untuk dikonsumsi seperti bangkai, darah, babi, menyembelih hewan tidak menyebut nama Allah, hewan yang diterkam binatang buas, binatang buas yang bertaring, burung yang berkuku tajam, keledai jinak, dan al-jalalah.

Akibat makan makanan haram adalah hati menjadi tertutup dari hidayah Allah untuk mengerjakan perbuatan baik, sulit untuk menerima ilmu pengetahuan, ibadah yang dikerjakan pun sia-sia, merusak tubuh, dan membuat akal menjadi kurang baik, mendapat azab di dunia maupun di akhirat, dan bisa mudah terpengaruh oleh godaan setan.

Jadi Saudara-saudaraku, semua begitu indahnya Islam telah mengatur dengan begitu baik dan lengkap mengenai makanan yang dihalalkan dan juga akibat yang terjadi apabila kita memakan makanan yang haram.

Insya Allah, kita semua terpelihara dan dipermudah untuk berbuat kebaikan. Semoga makanan yang kita peroleh mendapat berkah dari Allah. Mudah-mudahan, kultum tentang makanan dan minuman yang halal ini pun bermanfaat untuk Saudara-saudara semua.

Amiin.

Selanjutnya : Jenis-jenis Komik Dewasa Bergambar
Sebelumnya: 10 Langkah Tentang Menulis Cerita
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar