Keutamaan Puasa Senin Kamis dalam Kultum Tentang Puasa Senin Kamis


Puasa Senin Kamis 1

Bunyi hadits Qudsi ini memberikan gambaran betapa besarnya keutamaan berpuasa sehingga Allah yang menilai keikhlasan seorang hamba saat berpuasa. Kultum tentang puasa Senin-Kamis selalu berisi tentang keutamaan melaksanakan puasa pada hari Senin dan Kamis.

Puasa merupakan salah satu rukun Islam. Puasa sama seperti shalat, ada yang berhukum wajib dan ada yang sunnah. Puasa yang hukumnya wajib adalah puasa yang dilakukan pada saat bulan Ramadhan, sementara puasa yang hukumnya sunnah cukup banyak. Salah satunya adalah puasa yang dilakukan pada hari Senin dan Kamis.

Banyak sekali informasi tentang keutamaan puasa Senin Kamis yang tersebar di berbagai media. Baik keutamaan untuk kesehatan atau keutamaan sebagai umat Allah SWT.

Puasa Senin Kamis

Berpuasa harus mengikuti tuntunan nabi agar ibadah tersebut tidak menjadi sia-sia. Sebagai mukmin kita dianjurkan beribadah sunnah demi menutup kekurangan ibadah wajib. Jika sholat fardhu ditunjang oleh sholat rawatib, tahajjud dan dhuha. Puasa wajib Ramadhan ditopang oleh puasa-puasa Sunnah, Puasa Senin-Kamis adalah salah satunya. Rasulullah saat ditanya seorang sahabat alasan berpuasa di hari Senin, beliau menjawab:

Puasa Senin Kamis 3

Puasa Senin Kamis merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan, selain dicontohkan nabi juga dikarenakan riwayat hadits yang menyatakan keutamaannya.

Puasa Senin Kamis 4

Keutamaan puasa Senin-Kamis yang lain adalah mendorong kita untuk meningkatkan amalan lainnya. Hadits-hadits nabi menyatakan bahwa doa mukmin yang berpuasa lebih mudah dikabulkan oleh Allah, pahala dzikirnya juga berlipat ganda, maka dengan teratur berpuasa Senin-Kamis otomatis kita akan semakin bersemangat meningkatkan ibadah-ibadah sunnah lainnya.

Puasa Senin-Kamis juga sangat baik ditinjau dari kesehatan karena jika dilakukan secara rutin, akan membawa dampak positif bagi pikiran dan badan. Dengan semakin sering berpuasa alat-alat pencernaan kita semakin sering beristirahat dari kerjanya. Kita juga mengurangi asupan lemak atau kalori yang jika menumpuk dalam tubuh dan darah dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, dari obesitas hingga diabetes. Nafsu amarah juga lebih terkekang sehingga pikiran menjadi jauh lebih tenang.

Kultum tentang puasa Senin-Kamis ini semoga bisa memberikan pencerahan pada Anda, tentang pentingnya berpuasa setiap hari Senin dan Kamis, baik bagi kesehatan atau amalan.

Selanjutnya : Artikel tentang Olahraga Bola Voli yang Masuk ke Indonesia
Sebelumnya: Bangunan Pengolahan Limbah Cair Secara Fisik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar