Kumpulan Ceramah-ceramah Singkat di Bulan Ramadhan


Kumpulan ceramah-ceramah singkat yang menarik biasanya disimpan oleh para penggemarnya. Misalnya kumpulan ceramah singkat dari para ulama dan ustad. Tujuannya disimpan tentu saja demi memanfaatkan isi ceramah tersebut untuk bisa diaplikasikan dalam keseharian.

Misalnya saat sedang berada di dalam bulan puasa atau bulan Ramadhan. Kumpulan ceramah mengenai Ramadhan tentu akan sangat membantu Anda di dalam menjalankan ibadah puasa. Misalnya pengetahuan Anda mengenai tata cara puasa, setelah membaca kumpulan ceramah singkatnya maka Anda tentu akan bisa memahami banyak hal tentang puasa.

Saat Anda ingin tahu mengenai makna puasa. Maka Anda akan mendapat jawabannya bahwa kalau dilihat dari segi makna secara bahasa, puasa di dalam bahasa Indonesia berarti menahan diri. Sedangkan kalau dilihat dari istilah syar’i nya, puasa berarti menahan diri dari hal-hal yang membuatnya batal. Dimulai sedari terbit fajar hingga terbenam matahari dan disertai dengan niat.

Ada sejumlah amalan yang berhubungan dengan ibadah puasa. Seperti niat, berpuasa, shalat sunah, sahur, berbuka, dan sebagainya. Kemudian ada juga pengecualian buat orang-orang tertentu. Yaitu orang-orang yang sedang melakukan perjalanan atau musafir, orang yang sedang sakit, perempuan yang sedang haid, orangtua yang sudah lemah, dan wanita hamil dan menyusui.

Ceramah dengan Tema Berbuka Puasa

Menyegerakan berbuka puasa saat waktu berbuka sudah tiba adalah merupakan suruhan yang harus segera dikerjakan. Yaitu termasuk dalam sunah Nabi Muhammad SAW. Dan jangan lupa untuk berdoa, karena ada tiga doa yang mustajab yaitu doa orang yang berpuasa, doa orang yang didzalimi, dan doa para musafir.

Jika Anda ingin menambah pahala puasa banyak cara yang paling mudah untuk menambah pahala. Yaitu dengan memberi makan orang yang sedang berpuasa. Misalnya dengan mengantarkan makanan ke mesjid. Makanan tersebut bisa masakan Anda sendiri atau masakan orang lain yang sudah dibeli. Namun bagaimanapun juga semua ibadah yang dikerjakan harus dengan hati ikhlas. Karena mengerjakan sesuatu ibadah jika karena pamer maka pahalanya akan hilang. Terakhir jangan lupa membayarkan zakat fitrah agar sempurna segala ibadah Anda di bulan Ramadhan.

Demikian tema-tema untuk kumpulan ceramah-ceramah singkat di bulan Ramadhan ini. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Cara Penyajian Roti Buaya
Sebelumnya: Kegunaan Mempelajari Sistem Sosial Budaya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar