Dua Cerita Singkat Kumpulan Cerpen Daerah


Kumpulan cerpen daerah sangat menarik untuk dikaji khususnya bagi penyuka sastra. Cerpen adalah kepanjangan darita cerita pendek. Di setiap derah di indonesia memiliki kisah atau cerita daerah yang menjadi unggulan dari daerah tersebut. Kali ini kami akan membahas tentang dua cerita singkat kumpulan cerpen beberapa daerah yang ada di Indonesia.

1.  Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang Putih adalah seorang anak piatu. Sedangkan Bawang Merah adalah anak yatim. Akhirnya kedua orang tua Bawang Merah dan Bawang Putih menikah. Namun ibu Bawang Merah sangat membenci Bawang Putih. Bawang Putih disuruh untuk melakukan semua pekerjaan rumah sedangkan Bawang Merah hanya bersolek saja pekerjaannya.

Pada suatu hari ketika Bawang Putih sedang mencuci baju di sungai, salah satu bajunya terbawa arus air. Bawang Putih dimarahi oleh ibunya dan disuruh untuk mencari. Bawang Putih menyusuri sungai dan ia menemukan sebuah gubuk tua. Ia mendatangi gubuk tersebut dan menanyakan tentang pakaiannya yang hilang. Seorang nenek yang menempati gubuk tua itu pun menyerahkan pakaian Bawang Putih dan memberinya sebuah labu. Sesampai di rumah labu tersebut dibelah oleh Bawang Putih dan yang terjadi ternyata isi labu adalah emas permata yang banyak.

Mendengar cerita tersebut Bawang Merah segera pergi untuk mencari gubuk tua yang diceritakan Bawang Putih. Sesampai di sana ia juga diberi labu oleh nenek tersebut, sesampai di rumah labu tersebut dibelah dan yang terjadi isi labu tersebut adalah binatang berbisa seperti ular, kalajengking dan lainnya.

2.  Malin Kundang

Pada suatu hari Malin Kundang meminta izin kepada ibunya untuk merantau mencari ayahnya yang bekerja di perantauan. Ibu Malin Kundang pun mengizinkan. Pada saat itu Malin menaiki sebuah kapal layar, dan di dalam kapal tersebut dia banyak belajar tentang pelayaran. Suatu ketika bahan bakar kapal yang dinaikinya kehabisan dan dia terdampar di sebuah pulau.

Di pulau tersebut Malin menemukan belahan hatinya kemudian menikah. Suatu saat pada saat ia melakukan pelayaran bersama istrinya ia bertemu dengan ibunya. Namun Malin malu dan tidak mengakui bahwa ibu tersebut adalah ibunya. Pada saat itu juga ibu Malin berdoa jika memang yang ia temui adalah anaknya maka orang tersebut akan menjadi batu. Saat itu juga tubuh malin menjadi kaku dan berubah menjadi batu karang. Demikianlah dua cerita singkat kumpulan cerpen daerah.

Selanjutnya : Buah yang Terenak di Dunia
Sebelumnya: Buah untuk Sariawan di Lidah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar