Mencari Inspirasi dari Kumpulan Cerpen Tahun 1997


Cerpen atau cerita pendek adalah bacaan yang banyak digemari oleh semua orang, baik anak-anak, remaja, dewasa dan juga orang tua sebab sifatnya yang lebih ringan, menghibur, dan pendek sehingga tidak butuh waktu lama untuk membacanya, dibanding novel atau novelet. Buku kumpulan cerpen tahun 1997 adalah kumpulan beberapa buah cerpen yang dibukukan menjadi sebuah buku.

Buku kumpulan cerpen merupakan alternatif lain untuk penggemar cerpen menikmati cerpen-cerpen bermutu, selain membeli majalah yang memang menyediakan rubrik cerpen bagi pembaca mereka. Penggemar cerita pendek kadang memang mengalami kesulitan untuk menemukan cerpen yang banyak dan berkualitas sebab majalah tertentu biasanya hanya memuat 1 atau 2 buah cerpen saja setiap terbit.

Beberapa cerpenis atau penulis cerpen terkenal Indonesia yang telah menerbitkan buku kumpulan cerpen mereka antara lain adalah: Seno Gumira Ajidarma, Umar Kayam, Sapardi Djoko Damono, Helvy Tiana Rosa, Asma Nadia, A.S Laksana, Bamby Cahyadi, Taufik Ismail, dan masih banyak lagi lainnya yang tak mungkin disebut satu per satu.

Para cerpenis tersebut sudah meramaikan dunia literasi Indonesia dengan menerbitkan kumpulan cerpen mereka masing-masing dan disambut gembira oleh para pembaca dan pecinta buku tanah air. Bahkan beberapa nama cerpenis telah berhasil menyabet penghargaan internasional sebab karya mereka yang sangat bagus dan bernilai.

Sebut saja Seno Gumira Ajidarma yang berhasil meraih penghargaan (SEA) Write Award di tahun 1997. Buku kumpulan cerita karya beliau yang sudah menyabet penghargaan tersebut adalah: Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi.

Selain Seno Gumira Ajidarma, tentu banyak lagi cerpenis Indonesia yang membanggakan dan telah mengharumkan nama dunia literasi tanah air dengan karya mereka. Ini sudah pasti memacu para penulis cerpen pemula untuk lebih giat lagi belajar dan berkarya mencipta cerita pendek yang berkualitas seperti senior-seniornya.

Membaca kumpulan cerpen tahun 1997, atau tahun-tahun sebelum dan sesudahnya bisa jadi sumber inspirasi yang tak terbatas bagi cerpenis pemula untuk belajar. Selain membaca, tentu mulai menulis ide yang ada dalam kepala menjadi cerita pendek yang bagus, adalah jalan untuk jadi cerpenis sukses.

Selanjutnya : Wisata Gunung Halimun, Wisata Tepat Mengisi Liburan
Sebelumnya: Mengetahui Sistem Suspensi Sepeda Motor
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar