Kumpulan Dongeng yang Mendidik Anak


Pada dasarnya, dongeng dapat dikatakan sebagai cerita yang dikarang atau dibuat dari hasil pemikiran seseorang, yang berdasarkan kisah nyata atau khayalan semata. Dikatakan khayalan karena dongeng juga merupakan hasil dari imajinasi seseorang yang ditulisnya ke dalam sebuah buku kumpulan dongeng.

Bagaimana sebuah dongeng itu berawal adalah hasil dari buah pikir seseorang yang memiliki imajinasi yang tinggi dan merangkumnya menjadi sebuah narasi yang membawa pembacanya ikut ke dalam dunia imajinasi tersebut, seperti sebuah fantasi. Misalnya, dongeng yang menceritakan tentang kehidupan istana.

Kumpulan Dongeng Menarik

Salah satu dari sekian banyak dongeng yang ada, dongeng tentang kehidupan istana adalah yang paling menarik perhatian anak. Hal dikarenakan penggambaran dari dongeng begitu cantik dan gagahnya penghuni istana serta gaun-gaun yang indah, yang membuat setiap anak tertarik untuk berimajinasi.

Dongeng lainnya yang menarik perhatian dan cocok untuk diberikan pada anak adalah dongeng yang berasal dari negara sendiri, yang sering disebut dengan legenda. Benar atau tidaknya cerita itu pernah terjadi, yang terpenting adalah bagaimana anak dapat belajar mengembangkan imajinasinya.

Akan lebih baik jika orang tua dapat mendampingi langsung anaknya untuk membaca buku dongeng. Selain berbentuk buku, dongeng juga dapat berbentuk visual atau kartun animasi yang dapat dinikmati oleh anak melalui televisi. Dengan cara ini, dongeng yang diputar akan menjadi lebih menarik untuk dinikmati anak.

Menulis dongeng sangatlah mudah untuk dilakukan. Hal yang dibutuhkan adalah konsentrasi dan biarkan imajinasi Anda berkembang. Hal yang perlu diperhatikan adalah bukan hanya pada ajakan untuk berimajinasi saja, tapi juga pada edukasinya. Bagaimana dongeng yang dibuat tersebut dapat menjadi sebuah pelajaran yang berharga dan tidak hanya hiburan semata.

Manfaat dari adanya animasi atau buku kumpulan dongeng adalah anak akan terlatih untuk mengembangkan daya pikirnya dalam berimajinasi. Selain itu, dapat menjadi sebuah pesan moral bagi anak yang membacanya, tergantung dari bagaimana cara penyampaian penulis dalam dongengnya.

Misalnya, dalam sebuah dongeng diceritakan sikap atau perilaku baik yang wajib diteladani, hal tersebut secara langsung memberikan pengaruh baik bagi anak. Namun jika yang diceritakan adalah sikap yang kurang baik atau buruk, maka dapat berpengaruh buruk pula pada anak.

Selanjutnya : Kumpulan Lagu-lagu Soundtrack Naruto
Sebelumnya: Cara dan Waktu Pemberantasan Nyamuk Demam Berdarah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar