Kumpulan Firman Allah tentang Hidup Bahagia


Semua orang ingin bahagia. Namun, banyak orang yang tidak mengetahui cara untuk mendapatkan kebahagiaan. Sebagai muslim, cara mendapat kebahagiaan adalah terlebih dahulu mengetahui dan memahami ayat-ayat Allah. Berikut kumpulan firman Allah tentang hidup bahagia.

Cara untuk bahagia yaitu dengan mendapatkan ridha Allah. Kata ridha berarti senang, suka, menerima dengan sepenuh hati (ra-dhi-ya, bahasa Arab). Jadi, ridha Allah adalah keberkahan yang diberikan kepada umat manusia dengan menerima segala hal yang diberikan Allah yang terjadi pada kita.

Kita harus selalu berikhtiar dan kemudian berserah diri kepada Allah. Dengan ridha Allah, kita akan mendapatkan kebahagiaan dunia akhirat.

Keridhaan Allah banyak disebut dalam kitab suci Al qur’an. Dengan ridha Allah, kita akan menghasilkan keuntungan sebanyak dua kali lipat (Al-Baqarah: 265).

Orang yang mengikuti keridhaan Allah tidak mendapat bencana, tapi malah mendapat nikmat serta karunia yang besar (Ali Imran: 174). Selain itu, juga mendapatkan ampunan dan pahala yang besar (Al-Fath: 29).

Lalu, bagaimana cara mendapatkan ridha Allah? Pertama adalah takut kepada Allah. Sebagai manusia, kita terkadang sering berani melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah, meninggalkan perintah-Nya, dan bahkan sampai meremehkan ajaran Islam. Ini adalah salah satu bukti minimnya rasa takut manusia kepada Allah.

Sebagai orang yang bertakwa dan ingin memperoleh ridha Allah, kita seharusnya memiliki rasa takut kepada Allah. Orang yang takut kepada Allah akan dibalas oleh Allah dengan surga dan mereka kekal di dalamnya. Hal ini sesuai dengan kandungan dalam Surat Al-Bayyinah ayat 8.

Hal berikutnya adalah dengan cara bertakwa kepada Allah.  Hal ini sesuai dengan yang terkandung dalam Surat Ali-Imran Ayat 15. Dalam surat ini, dijelaskan bahwa Allah menjamin surga bagi orang-orang yang bertakwa. Mereka akan kekal di surga dan dikaruniai istri-istri yang suci.

Hal berikutnya adalah berjihad di jalan Allah. Di dalam Surat At-taubah ayat 2o dan 21, dijelaskan bahwa umat Islam yang beriman, berhijrah, dan juga berjihad di jalan-Nya dengan menggunakan harta juga dirinya memiliki derajat yang lebih tinggi di sisi Allah Swt.

Mereka adalah orang-orang pilihan yang memperoleh kemenangan.  Ganjaran orang yang berjihad di jalan Allah adalah surga dan memperoleh kenenangan abadi di dalamnya.

Kemudian, berbakti pada orang tua. Kita diwajibkan berbakti kepada kedua orangtua, sebab keridhaan Allah itu bergantung pada keridhaan orangtua. Sebaliknya, murka Allah juga adalah murka orangtua.

Itulah kumpulan firman Allah tentang hidup bahagia, semoga bisa menjadi pengingat kita semua untuk mendapat ridha-Nya.

Selanjutnya : Ragam Hidangan Rumah Makan Borneo Samarinda
Sebelumnya: Gaya Peristaltik pada Saluran Pencernaan Manusia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar