Kumpulan Flora dan Fauna di Indonesia Bagian Timur


Siapa yang belum kenal dengan tumbuhan sagu, kemiri, coklat, dan jambu mete? Siapa juga yang belum mengenal tapir, burung cendrawasih, dan burung merak? Itulah beberapa kumpulan flora dan fauna di Indonesia bagian Timur.

Berbedanya, iklim dan keadaan alam lainnya, membuat Indonesia sangat kaya dengan berbagai macam flora dan fauna. Setiap pulau mempunyai keunikan flora dan fauna. Jika melihat kekayaan flora dan faunanya, rasanya orang sulit percaya jika bangsa ini mempunyai banyak utang. Kekayaan yang luar biasa memang membutuhkan orang-orang yang bisa diandalkan.

Flora Khas

Pohon sagu tumbuh dengan sangat subur di wilayah Maluku dan Papua. Tidak mengherankan, jika sagu menjadi sumber makanan pokok bagi masyarakat di kedua pulau tersebut.

Sayangnya, pengaruh makan nasi yang disebarkan oleh orang-orang dari Pulau Sumatra, Pulau Jawa, dan Pulau Kalimantan, membuat penduduk di kedua pulau malah ikut memakan nasi. Akhirnya, pohon sagu banyak yang terabaikan dan bahkan ditebang sebelum bisa dipanen.

Selain itu, lahan di Maluku dan Papua dibuat sawah. Tentu saja, kualitas padi yang dihasilkan tidak bisa sebaik padi yang tumbuh di wilayah Indonesia bagian Barat. Jenis komposisi tanah dan kandungan air berbeda.

Ketika ada program pembuatan sawah sejuta hektar di wilayah Kalimantan, banyak yang meragukannya karena yang dibuka adalah lahan gambut. Seharusnya, memang segala sesuatu dibuat terukur dan terarah.

Kekayaan negeri ini memang sangat beragam. Wilayah Sulawesi kaya dengan flora dengan kualitas prima dan mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi. Misalnya, jambu mete, coklat, kelapa, cengkih, kayu manis, cendana, wijen, dan lain-lain. Siapa yang mengira bahwa salah satu produk coklat terbaik di dunia berasal dari Indonesia?

Fauna Unik

Selain mempunyai jenis flora yang khas, wilayah Indonesia bagian Timur memiliki jenis fauna yang unik. Alam dan iklim yang tidak sama dengan wilayah Indonesia bagian Barat, membuat faunanya berbeda. Berbagai jenis burung nan cantik ada di wilayah ini, seperti cendrawasih, nuri, merak, dan lain-lain.

Beruang, kus-kus, kangguru pun ada di wilayah ini. Itulah kumpulan flora dan fauna di Indonesia bagian Timur yang perlu dipelajari. Sayang kalau dilewatkan. Bangsa ini sangat kaya.

Selanjutnya : Puisi tentang Kekaguman terhadap Karya Penciptaan Tuhan
Sebelumnya: Permainan Super Hero
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar