Kumpulan Jasa-jasa Cut Nyak Dien

Ketika kita mendengar orang menyebut nama Cut Nyak Dien, maka pasti terbentuk satu bayangan wajah dan sosok penting yang sangat berjasa bagi perjuangan negeri ini. Sosok itu adalah sosok wanita pemberani yang dengan segala kemampuan dirinya berani berjuang melawan penjajah negeri, khususnya penjajah di tanah rencong, Aceh. Kehadiran Cut Nyak Dien dalam perjuangan nasional di wilayah Aceh menjadi inspirasi kaum muda, khususnya kaum wanita negeri ini. Sebenarnya, ada banyak sekali jasa Cut Nyak Dien untuk bangsa dna negeri ini, khususnya untuk daerah Aceh. Dan, kumpulan jasa – jasa Cut Nyak Dien ini merupakan informasi penting bagi generasi muda sehingga mampu membangkitkan semangat juang.

Kita sangat bangga terhadap semua perjuangan yang dilakukan oleh Cut Nyak Dien. Walaupun beliau bergerak di daerah Aceh, tetapi semangat yang dimiliki dna dikobarkannya mampu menjadi pemicu dan pemacu gerakan di seluruh Indonesia. Oleh karena itulah, kita sebagai generasi muda sudah seharusnya menjadikan semangat tersebut sebagai sumber energi diri. Seharusnya, generasi muda lebih bersemangat sebab kondisi kehidupan jauh lebih bagus dibandingkan saat Cut Nyak Dien berjuang. Semangat Cut Nyak Dien diharapkan dapat menggelorakan semangat kaum muda negeri ini.

Riwayat keluarga Cut Nyak Dien

Cut Nyak Dien adalah salah satu anak dari keluarga bangsawan di Aceh Besar. Keluarga Cut Nyak Dien termasuk keluarga yang taat beragama. Ayahnya adalah seorang uleebalang bernama Teuku Nanta Seutia keturunan dari Datuk Makhudum Sati , seorang perantau dan tokoh agama. Dengan kondisi seperti itu, maka keluarga Cut Nyak Dien adalah keluarga  yang menjadikan agama sebagai acuan dalam kehidupannya.

Ketika masih kecil, Cut Nyak Dien adalah gadis kecil yang cantik dan menawan semua orang. Pendidikan agama didapatkan langsung dari kedua orangtuanya dan guru agama yang didatangkan ke rumah sebagai guru pribadi.  Banyak laki  laki yang menyukai Cut Nyak Dien, tetapi oleh orangtuanya Cut Nyak Dien dinikahkan dengan Teuku Cek Ibrahim dan memiliki satu anak laki – laki.

Pada masa perang melawan Belanda, Teuku Cek Ibrahim gugur dan membuat Cut Nyak Dien marah dan bertekad untuk menghancurkan Belanda di tanah Aceh. Pada saat itulah, Teuku Umar melamar untuk dijadikan istri, tetapi ditolak oleh Cut Nyak Dien. Tetapi, selanjutnya diterima sebab Teuku Umar mengijinkan ikut berperang melawan Belanda.

Sumber Semangat Generasi Muda

Berbagai jasa Cut Nyak Dien pada saat perang melawan Belanda di daerah Aceh sungguh merupakan sumber semangat yang tidak terkirakan besarnya. Setiap generasi muda seharusnya menjadikan semangat tersebut sebagai acuan untuk menjalani kehidupan masa sekarang. Sebagai seorang wanita pejuang yang mempunyai semangat tinggi untuk memerdekakan bangsa dan negeri dari penjajah.

Dan, seharusnya jasa-jasa Cut Nyak Dien disusun sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah diakses oleh generasi muda dan nilai  nilai semangatnya dapat ditularkan dalam jiwa anak muda. Semoga ini benar – benar menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi generasi muda untuk masda depan lebih baik.

Kumpulan jasa-jasa Cut Nyak Dien menjadi harapan generasi muda untuk dapat diekspos secara luas sehingga dapat mengetahui dan merasakan semangat yang dimiliki wanita pemberani ini.

Selanjutnya : Mainan yang Cocok Bagi Bayi 2 Bulan
Sebelumnya: Apakah Benar Batuk Pencetus Kontraksi ?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...