Kumpulan Materi Dakwah Islam Singkat


Kumpulan materi dakwah Islam singkat yang dibuat berdasarkan topik pembahasan, akan membuat mudah dipelajari. Misalnya, masalah kesucian, dijadikan satu bundel. Masalah kesucian ini tidak bisa dianggap ringan karena bisa saja orang disiksa dalam kubur hanya karena bajunya terpecik air seninya sendiri yang tidak dibasuh.

Topik Bahasan

Kumpulan materi dakwah Islam singkat dibuat untuk penyampaian dalam waktu yang tidak lama. Misalnya, materi untuk kultum (kuliah tujuh menit). Yang harus ada dalam setiap pembahasan itu adalah hujjah atau dalil yang shahih, baik dari Al-Quran maupun dari hadits. Jangan pernah mengatakan sesuatu tanpa menunjukan satu dalil yang tepat.

Dengan adanya dalil ini, para pendengar tidak akan ragu melakukan apa yang disampaikan. Misalnya, masalah etika berkunjung ke makam Rasulullah. Ajaran yang benar adalah tidak berdoa di makam Beliau. Cukup ucapkan salam. Begitu juga ketika berkunjung ke pemakaman. Tidak ada tuntunan membaca Al-Quran di kuburan.

Tuntunan ini disampaikan dengan singkat dengan menyinggung apa yang sering terlihat di tengah masyarakat. Meluruskan sesuatu yang salah itu tidak mudah terutama jika hal tersebut telah dianggap sebagai budaya. Siapa yang tidak melakukannya malah dianggap salah. Padahal kebanyakan orang melakukannya tidak tahu ilmunya. Mereka hanya ikut-ikutan.

Mulai dengan Tema Ketauhidan

Kumpulan materi untuk berdakwah itu hendaknya mulai dari hal-hal yang berkaitan dengan Tauhid. Ketauhidan ini sangat penting. Kalau tidak tahu tentang Tauhid, manusia akan sangat mudah terjebak ke dalam perbuatan syirik. Misalnya, percaya pada ramalan dan membenarkan apa kata bintang.

Orang yang tidak mengenal ilmu Tauhid akan berkata bahwa kalau ramalan itu baik, aminkan saja. Kalau tidak baik, tidak perlu ditanggapi. Kata-kata ini menunjukan pembenaran terhadap apa kata zodiak tersebut.

Apalagi bila sudah menyangkut kepribadian. Padahal membenarkannya walau sedikit telah dianggap dosa syirik. Kehaiti-hatian adalah ciri orang yang berilmu. Menjaga hati dari perbuatan dosa yang tidak akan diampuni.

Setelah tentang Tauhid, bahasan selanjutnya adalah tentang pentingnya mencari ilmu. Misalnya, orang yang berilmu tidak akan mengikuti program mengirim sms atau menelepon operator untuk mendukung artis pujaannya agar memenangkan suatu kontes.

Dia tahu bahwa hal ini adalah judi. Biaya sms atau telepon itu sama dengan membeli kupon judi. Bukankah yang mengirimkan sms atau menelepon itu dijanjikan hadiah. Inilah perjudian terselubung.

Hal-hal seperti ini hendaknya masuk ke dalam Kumpulan materi dakwah Islam singkat. Walau sedikit, tetap mengena. Harapannya adalah semakin banyak orang yang bergairah meningkatkan ilmu agamanya.

Selanjutnya : Dasar Ilmu Pendidikan Islam dan Tujuannya
Sebelumnya: Teknik Menulis Artikel Ramah SEO
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar