Kumpulan Moto Hidup


Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menjumpai kumpulan moto hidup. Entah itu moto hidup seseorang, perguruan tinggi, instansi pemerintah, ataupun organisasi. Moto hidup mereka bermacam-macam. Dengan mencantumkan moto hidup tersebut, mereka sebenarnya berharap memiliki motivasi yang lebih untuk menggapai tujuan masing-masing. Dengan memiliki moto hidup, seseorang diharapkan bisa lebih optimal dalam menggapai setiap cita-citanya.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan moto hidup? Moto hidup adalah kalimat yang terdiri atas dua kata, moto dan hidup. Moto sebenarnya merupakan kata dari bahasa Inggris yakni motto,  yang dapat diartikan frasa atau kalimat, dapat pula diartikan pedoman atau semboyan untuk mendeskripsikan semangat, motivasi, dan tujuan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), moto bisa diartikan sebagai prinsip, pedoman, atau semboyan, sedangkan hidup diartikan sebagai sesuatu yang bernyawa,  bergerak, dalam melakukan aktivitas sebagaimana mestinya. Dengan demikian, moto hidup  merupakan prinsip, pedoman, atau semboyan yang dijadikan seseorang untuk meraih tujuan hidupnya. Oleh karena itu, moto bisa digunakan semua orang, baik tingkat individu maupun organisasi, atau bahkan negara.

Dengan gambaran tersebut, moto hidup memiliki unsur motivasi dan semangat, sedangkan cakupannya yang cukup luas, bisa mengambil tema seputar kehidupan ini. Misalnya, moto hidup dari religi, cinta dan kasih sayang,  bencana dan musibah, kekecewaan, ketidakadilan, kondisi sosial politik, kemanusiaan, dan masih banyak lagi.

Berikut ini beberapa kumpulan moto hidup dari sejumlah tokoh dunia yang bisa kita ambil hikmahnya.

  1. Kemenangan yang terindah sekaligus tersulit yang bisa diraih manusia adalah menaklukkan dirinya sendiri (RA Kartini).
  2. Perlengkapan terbaik untuk masa depan adalah pendidikan (Aristoteles).
  3. Tergesa-gesa dalam melakukan usaha akan mengantarkan pada kegagalan (Herodotus).
  4. Perisai terbaik adalah kebajikan dan kebijakan (Aspinal).
  5. Kebaikan manusia dapat diukur dari apa yang telah ia lakukan (Ali bin Abu Thalib).
  6. Bila Anda melakukan kebajikan kepada orang lain, sejatinya Anda telah berbuat kebajikan bagi diri Anda sendiri (Benyamin Franklin).
  7. Bunga yang tidak pernah layu sepanjang masa adalah kebajikan (William Copper).

Demikianlah beberapa kumpulan moto hidup, semoga bisa menginspirasi hidup Anda.

Selanjutnya : Koleksi Gitar Bass Flea
Sebelumnya: Beragam Tipe Blackberry Bold dan Harganya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar