Kumpulan Sinopsis Cerita Rakyat di Indonesia


Cerita rakyat di Indonesia sangat banyak. Kami rangkum beberapa kumpulan sinopsis cerita rakyat dari beberapa daerah di Indonesia.

Asal Mula Danau Toba

Alkisah di Sumatera Utara hidup pengembara mencari daerah yang subur. Saat sedang memancing ia mendapatkan seekor ikan besar. Ikan tersebut menjelma menjadi gadis cantik dan dilamar oleh pengembara tersebut tetapi dengan syarat tidak mengungkitnya sebagai jelmaan ikan.

Mereka dikaruniai anak laki-laki yang sangat dimanja. Suatu saat anak tersebut memakan makanan ayahnya ketika disuruh mengantar kepada ayahnya. Ayahnya menjadi marah dan mengatakan bahwa anak itu keturunan ikan.

Ibunya yang mendengar cerita anaknya menyuruh sang anak ke puncak bukit kemudian hujan turun sangat lebat dan terjadi banjir menggenangi lembah menjadi sebuah danau dan sang ibu melompat ke danau menjadi ikan kembali.

Sangkuriang

Dayang Sumbi yang menyepi di hutan bertemu dengan jelmaan anjing bernama Tumang yang menjadi suaminya. Mereka mempunyai anak laki-laki yang dinamai Sangkuriang.

Ketika Sangkuriang berburu ditemani si Tumang tidak menemukan binatang buruan, Sangkuriang membunuh Tomang dan hatinya diberikan kepada ibunya untuk dimasak.

Dayang Sumbi marah saat mengetahui hal tersebut dan memukul kepala Sangkuriang menggunakan centong nasi hingga terluka. Sangkuriang pergi dan bertemu pertapa yang mengajarinya kesaktian. Pemuda Sangkuriang bertemu dengan Dayang Sumbi yang masih cantik dan ingin memperistrinya.

Ketika tahu bahwa pemuda itu adalah anaknya Dayang Sumbi meminta dibuatkan danau dan perahu sebelum fajar menyingsing. Dayang Sumbi berusaha agar syaratnya tidak terpenuhi.

Sangkuriang yang marah menendang perahunya dan melayang jatuh menelungkup. Perahu tersebut menjelma menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

Malin Kundang

Malin Kundang yang miskin ingin memperbaiki keadaannya dan merantau meninggalkan ibunya seorang diri. Karena keuletannya Malin Kundang menjadi orang kaya dan mempersunting seorang gadis untuk menjadi istrinya. Ibunya setiap hari menunggu kepulangan Malin Kundang di dermaga.

Ketika Malin Kundang dan istrinya berlayar di kampung halamannya mereka bertemu dengan ibu Malin Kundang. Malin Kundang malu mengakui ibunya yang terlihat renta dan miskin. Ibu Malin Kundang yang kecewa mengutuk Malin Kundang menjadi batu. Batu tersebut ada di Pantai Manis Padang.

Masih banyak sekali cerita rakyat yang terangkum dalam kumpulan sinopsis cerita rakyat untuk diceritakan kepada anak-anak. Karena di dalam cerita rakyat terkandung nilai moral yang bisa ditanamkan kepada anak-anak.

Selanjutnya : Pengenalan Jenis Fauna Yang Ada di Gunung dan di Danau tropis
Sebelumnya: Contoh Pintasan Keyboard untuk Microsoft Word 2003
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar