Kumpulan Tanaman Toga dan Manfaatnya


Para ibu yang rajin dan ingin menggunakan waktunya dengan lebih efektif dan efisien, pasti tahu tentang kumpulan tanaman TOGA dan manfaatnya. Tanaman Obat Keluarga (TOGA) ini menjadi bagian dari tanaman yang ada di pekarangan atau di taman. Siapa pun boleh memanfaatkannya asalkan ketika memetik atau mengambil tanaman, dilakukan dengan baik dan tidak merusak.

Tidak Memerlukan Tanah Luas

Membuat tanaman TOGA ini sangat mudah dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Bahkan, bisa membuat tanam gantung di belakang rumah yang sempit. Gunakan botol minuman dengan ukuran besar. Setelah botol tersebut diberi lubang, masukan tanah berhumus, beri bibit tanaman TOGA, lalu gantung. Siram tanaman secara berkala.

Tanaman yang bisa ditaman dengan cara digantung ini misalnya, kencur, seledri, dan daun bawang. Selain umbinya, daun kencur bisa membuat masakan lebih lezat. Khasiat kencur pun banyak. Kencur bisa mengobati batuk dan memperindah suara. Hangatnya minuman kencur bisa membuat tubuh tetap fit.

Seledri pun banyak manfaatnya. Tanaman ini bisa bertahan cukup lama asalkan dirawat dan rajin diambil daunnya. Tanah tidak boleh terlalu basah karena akan membuat seledri mudah membusuk. Sedangkan daun bawang, tanaman yang berusia pendek. Sekali dipakai, biasanya harus menanam lagi.

Tanaman lainnya, seperti kunyit, jahe, laos, serai, sebaiknya ditanam di tanah langsung atau di pot yang cukup besar. Jika wadah yang digunakan untuk menaman berukuran kecil, umbinya tidak bisa berkembang dengan baik dan daunnya tumbuh dengan kecil.

Namun, berbeda dengan tanaman daun sirih. Jika tidak ada tanah, bisa dimasukkan ke dalam botol berisi air. Namun, jangan lupa untuk menaburkan bubuk abate ke dalam botol agar tidak menjadi sarang nyamuk.

Tanaman pandan wangi pun sebaiknya ditanam di pot ukuran sedang atau di tanah langsung. Pandan membutuhkan tanah yang subur dan sedikit basah. Jangan lupa untuk memangkas daun yang sudah cukup besar. Jika terlalu lebat, bau pandan biasanya malah berkurang. Pemangkasan harus rajin dilakukan.

Kumpulan tanaman TOGA dan manfaatnya bisa membantu menjaga kesehatan keluarga dan lingkungan. Tanaman tersebut dapat diolah menjadi minuman yang segara dan alami.

Selanjutnya : Tempat Beli CPU Bekas di Bandung
Sebelumnya: Cara Memperbaiki TV Rusak Layar Tidak Ada Gambar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar