Kurs Beli dan Kurs Jual adalah


Dalam keuangan, nilai tukar juga dikenal dengan sebutan kurs yang merupakan sebuah perjanjian atau nilai tukar mata uang untuk dua mata uang dari negara yang berbeda.

Di mana, dalam sistem nilai tukar di Indonesia terdapat kurs beli dan kurs jual. Kurs beli dan kurs jual adalah merupakan perhitungan dalam nilai tukar dari valuta asing tersebut.

Kurs Jual

Kurs jual sendiri perhitungan yang akan digunakan ketika bank atau money  changer melakukan  penjualan valuta  asing.  Hal ini terjadi apabila kita akan menukar  rupiah dengan valuta asing yang dibutuhkan.

Kurs Beli

Kurs beli adalah perhitungan yang  akan digunakan  ketika bank atau money changer melakukan pembelian valuta asing. Hal ini terjadi apabila kita akan menukar valuta asing yang dimiliki dengan rupiah.

Di sini, harus dipahami apabila kata “jual” dan “beli” harus dilihat dari sudut pandang bursa atau bank tempat menukar valuta asing. Bukan dari sudut orang atau pihak yang melakukan penukaran valuta asing.

Agar lebih mudah memahami dalam nilai tukar mata uang ini, maka Anda dapat melihat contoh di bawah ini. Diketahui jika pada bank di Indonesia saat ini,

Kurs Beli: US$ = Rp. 9.300,00

Kurs Jual: US$ = Rp. 9.345,00

Ibu Ani akan menengok anaknya di Amerika. Ia memiliki uang sebesar Rp. 12.148.500,00 dan ingin menukarkannya menjadi dollar Amerika. Maka, berapa dollar yang diterima Ibu Ani?

Saat itu juga, anak Ibu Ani mengirimkan uang dollar dari Amerika untuk didepositokan di Indonesia sebesar US$ 4.300, namun harus dirupiahkan terlebih dahulu. Maka, berapa rupiah uang kiriman anak Ibu Ani tersebut?

Jawab:

•    Ibu Ani akan membeli dollar, yang berarti memakai kurs jual. Jadi, perhitungannya:

Rp. 12.148.500,00 x US$ 1 = US$ 1.300

Rp. 9.345,00

Jadi, Ibu Ani menerima uang sebanyak US$ 1.300

•    Ibu Ani akan menjual dollar dari anaknya, maka kurs yang dipakai adalah kurs beli. Jadi, perhitungannya:
US$ 4.300 X Rp. 9.300,00 = Rp. 39.990.000,00

Jadi, Ibu Ani menerima uang sebanyak Rp. 39.990.000,00

Selanjutnya : Saat Paling Bahaya dari Cacar Api
Sebelumnya: Mengetahui Peraturan Lomba Renang Gaya Punggung
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar