Kursus Pertambangan Bisa Langsung Kerja atau Berwirausaha

Pertambangan merupakan disiplin ilmu bidang keteknikan yang fokus mempelajari genesa pada bahan galian, mineral-mineral dari bahan galian, endapan bahan galian, eksplorasi, dan produksi bahan galian. Mengikuti kursus pertambangan bisa langsung kerja pada perusahaan pengeboran atau BUMN terkait.

Karena, supaya maksimal menekuni bidang industri pertambangan, sebelumnya harus memiliki keahlian pada salah satu bagian dari bidang kerja pertambangan. Misalnya, dengan cara mengikuti kursus bidang juru ledak, bor master, keselamatan kerja, manajemen peralatan pengeboran, mining training: genesa mineral dan batubara, manajemen eksplorasi, dll. Sebagai legalitas formalnya, keahlian yang kita miliki melalui kursus akan dibuktikan dengan sertifikat.

Loading...

Berkarier Di Dunia pertambangan

Berkarier di dunia pertambangan cukup menjanjikan. Umur industri pertambangan lazimnya mencapai puluhan atau bahkan hingga ratusan tahun membuat rentang berkarier begitu panjang. Apalagi banyak dibuka industri pertambangan yang baru di Tanah Air. Ditambah dengan mulai dieksplorasinya pertambangan panas bumi atau geothermal.

Di sisi lain, industri pertambangan di Indonesia pada umumnya masih dikuasai oleh asing. Mulai dari pemilik, para ahli hingga pekerjanya didominasi orang asing. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kita agar mampu mengelola sumber daya alam sendiri.

Sebagai gambaran, bagi orang yang memiliki keahlian di bidang pertambangan akan dibutuhkan oleh perusahaan yang terkait dengan pertambangan seperti PT. Aneka Tambang, PT. INCO, PT. Semen Tonasa, Mobil Oil, PT. Bosowa Mining, UNION OIL Indonesia, PT. Hemako, PT. Freeport, PT. KPC (Kaltim prima coal), PT. Berau Coal, PT. Arutmin, PT. NAL, PT. SYS, PT. Adaro, PT. Bukit Asam, PT. Asaba, PT. NEWMONT, PT. Bumi resources, PT. Semen Padang, PT. G-RESOURCES, dan sebagainya.

Untuk BUMN akan cocok di Pertamina, PLN, Perum Gas Negara, PT. Timah, dll. Sementara di pemerintahan cocok pada Departemen Pertambangan dan Energi, Departemen Perdagangan, Perbankan, Departemen Dalam Negeri, Departemen Perindustrian, dan sebagainya. Bahkan bisa berwiraswasta dalam bidang pemboran minyak, gas bumi, dan air tanah.

Jadi, tunggu apalagi? Banyak lembaga pendidikan yang membuka kursus di bidang pertambangan ini. Melihat prospek dan peluangnya, diharapkan dengan kursus pertambangan bisa langsung kerja atau berwirausaha.

Loading...
Selanjutnya : Contoh Data Skripsi Kualitatif
Sebelumnya: Cara Menggunakan Mesin Cuci untuk Pakaian
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar